Ubur-Ubur Beracun

Ubur-ubur beracun pernah membuat heboh atau setidaknya pernah masuk berita karena melukai puluhan wisatawan berikut ini;
60 wisatawan dilarikan ke Puskesmas
Tersengat Ubur-ubur Beracun
Sebanyak 60 wisatawan yang berkunjung di Pantai Krakal, Kukup dan Baron Kecamatan Tanjungsari dilarikan ke Puskesmas setempat karena tersengat ubur-ubur beracun. Sejak akhir minggu lalu hingga Rabu (18/7) petugas SAR Baron mencatat ada 60 wisatawan menjalani perawatan medis akibat serangan binatang laut tersebut.
Dari sebanyak 60 wisatawan tidak ada satupun yang menjalani rawat inap. Selesai mendapat pertolongan langsung diperbolehkan pulang.

Koordinator Tim SAR Pantai Baron, Sunardi mengatakan, binatang ini memang tergolong berbahaya. Sekalipun sengatannya tidak menimbulkan kematian tetapi jika menyengat bisa berdampak terjadinya gatal-gatal dan nyeri pada bagian ulu
hati. Karena itu wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan hendaknya meningkatkan kewaspadaan dan yang terpenting agar menghindari bermain air laut maupun mandi di sekitar pantai.'Serangan ubur-ubur biasanya terjadi pada siang hari," ujarnya di sela pengamanan di Pantai Baron, Rabu (18/7).

Sumardi mengatakan, kecuali Pantai Baron, lokasi pantai yang lain yang banyak ditemukan ubur-ubur beracun juga Kukup dan Krakal. Tter-kait dengan antisipasi ubur-ubur Tim SAR Baron dalam beberapa minggu ke depan hingga menjelang dan setelah Idul Fitri akan melakukan pengamanan. Tidak sekadar memberikan pertolongan bagi wisatawan yang tersengat, tetapi juga mensosialisasi kepada wisatawan agar meningkatkan kewaspadaan. Pertama agar tidak mandi dan bermain air di sepanjang pantai juga menjauhkan anak-anak dari serangan ubur-ubur.

'Binatang laut ini banyak bermunculan pada bulan Juni-Agustus. Karena itu kewaspadaan tetap harus di-lakukan," ujarnya.
Meskipun banyak wisatawan tersengat ubur-ubur dan sempat menjalani perawatan, tetapi tidak mempengaruhi jumlah wisatawan. Selain hari libur sejumlah pantai selatan kini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru.

Hanya memang khusus pada hari libur tingkat kunjungan wisatawan cukup banyak. Tidak hanya di sekitar Pantai Baron, Kukup dan Krakal. Sejumlah objek wisata pantai seperti Pulangsawal, Sundak, Ngrenehan, Wediombo dan Sadeng kini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan. Puncak kunjungan wisatawan pantai ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Idul Fitri bulan depan.
Berita mengenai Ubur-ubur Beracun di atas di muat di Kedaulatan Rakyat.