Pengertian Konsumen adalah salah satu yang pernah kita
temui di sekolah. Pada saat sekolah, tentunya kita pernah belajar
tentang ekonomi. Guru kita pasti pernah menjelaskan tentang produsen dan
konsumen. Kita mengerti definisi
tentang produsen dan konsumen, namun terkadang kita tidak mengerti arti
lebih jauh dari pengertian tersebut. Kita pasti pernah mendengar stigma
konsumen adalah raja. Sebenarnya apa yang membuat stigma tersebut muncul dan apa sebenarnya pengertian konsumen?
Konsumen adalah orang-orang yang menggunakan barang atau jasa yang
ditawarkan oleh para produsen atau juga pebisnis. Dalam dunia ekonomi,
pebisnis selalu berusaha untuk memuaskan para konsumennya karena
merekalah yang akan membuat sebuah bisnis berkembang.
Stigma konsumen adalah raja muncul karena konsumen sering tidak perduli
dengan masalah yang muncul selama proses produksi selama mereka
mendapatkan barang yang diinginkan.
Pengertian Konsumen dari Beberapa Sudut Pandang
Pengertian konsumen bisa bermacam-macam berdasarkan
sudut pandang tertentu. Menurut Wira Suteja, dalam pandangan pebisnis
seperti dia, konsumen merupakan orang yang memberitahukan tentang
keinginannya kepada kita, dan kita harus bisa memenuhi keinginan
tersebut. Bagi dia, konsumen juga orang yang bisa
memberikan penilaian tentang perusahaan dan pelayanannya. Maka dari itu
konsumen sangat penting baginya. Sedangkan menurut undang-undang
perlindungan konsumen, konsumen merupakan orang yang memakai barang dan
jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan bukan menjual
kembali barag tersebut.
Kerjasama antara Produsen dan Konsumen
Pengertian konsumen begitu banyak sehingga pantaslah ada stigma yang menyebutkan bahwa konsumen adalah
raja karena para pelaku bisnis pastilah saling berlomba-lomba memuaskan
konsumennya. Jika produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen, para
konsumen pastilah akan mencari produsen lainnya yang lebih baik. Namun
konsumen juga tidak bisa hidup tanpa adanya produsen. Seperti yang
ditulis oleh redaksi kawan pustaka tentang pengertian konsumen, konsumen
adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri. Maka dari itu konsumen juga sangat membutuhkan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Diperlukan kerjasama yang baik antara produsen dan konsumen untuk membentuk hubungan yang saling menguntungkan bagi keduanya.