Puasa dan Menahan Hawa Nafsu

Puasa tidak sekadar menahan lapar dan dahaga, tapi juga hawa nafsu. Sayangnya masih banyak anggota masyarakat belum bisa mengamalkan hal itu secara sungguh-sungguh. Buktinya pada saat, Ramadan inflasi ada kecenderungan selalu naik, hal itu terjadi karena masyarakat tidak bisa mengendalikan keinginan untuk berbelanja.

"Saat puasa seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak shadaqoh dan meningkatkan kualitas ibadah. Namun dalam realitanya, masih banyak yang belum bisa mengamalkan hal itu dalam kehidupan sehari-hari. Persoalan itu muncul karena masyarakat sibuk mempersiapkan diri untuk keperluan lebaran," papar pakar Ekonomi Islam Prof Dr Mohammad MAg di hadapan jemaah salat tarawih Masjid Syuhada, Sabtu (28/7).

Dalam kesempatan itu Mohammad menyatakan, masjid idealnya tidak sekadar menjadi tempat ibadah tapi harus menjadi pusat penyelesaian masalah umat. Tentunya semua itu akan bisa terwujud jika umat bisa menjalankan ajaran agama secara kafaah (menyeluruh) dan bersungguh-sung-guh dalam memakmurkan masjid. Walaupun dalam realitanya untuk mewujudkan hal itu tidak mudah, karena masih banyak orang yang lebih mengedepankan kepentingan du-niawi dibandingkan mengerjakan ibadah.

"Ramadan adalah momentum yang tepat untuk mencari keberkahan dari Allah SWT. Salah satu cara yang bisa di-lakukan untuk mendapatkan keberkahan adalah dengan memperbanyak shadaqoh dan memakmurkan masjid," terangnya.

Sedangkan Muhammad Anis Mata LC di Masjid Al Mujahidin UNY, mengatakan, pada saat ini merupakan momentun peralihan peradaban dunia. Hal ini bisa dilihat dari fenomena yang ada saat ini di mana terjadinya krisis ekonomi besar-besarnya dan meningkatnya populasi penduduk muslim di dunia.

Tanda-tanda zaman ini juga sudah diisyaratkan dalam banyak hadis yang menyebut jika suatu saat akan ada peralihan peradaban. Bahkan, sejarah mencatat setiap terjadi perubahan peradaban selalu diiringi fenomena-fenomena kehidupan, seperti halnya saat peradaban Yunani, Romawi sampai peradaban Eropa.

Sebagai orang muslim sudah sepantasnya harus yakin dengan tanda-tanda kebangkitan umat Islam tersebut. Guna menyambut kedatangan peradaban baru ini, umat muslim harus berupaya memberantas kemiskinan yang masih menderanya. Selain itu, meningkatkan ukhuwah islamiyah.
Artikel Puasa dan Menahan Hawa Nafsu di atas, bersumber dari koran Kedaulatan Rakyat.