Pengunjung Objek Wisata Turun Drastis

Jumlah pengunjung objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Semarang mengalami penurunan secara drastis sejak memasuki bulan Ramadan. Kondisi ini diprediksi akan normal kembali pada minggu ketiga dan keempat Ramadan hingga menjelang lebaran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Objek Wisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Semarang, Sutignyo mengatakan hal itu kepada wartawan, Senin (30/7). Menurutnya, turunnya jumlah pengunjung yang drastis ini dapat dipantau tiap akhir pekan, yakni pada hari Sabtu dan Minggu:

Sepinya pengunjung ini, terutama di objek wisata Candi Gedongsongo Kecamatan Sumowono dan Pemandian Muncul di Kecamatan Banyubiru. “ Jumlah pengunjung ke dua objek ini turun drastis dibanding hari-hari bisa sebelum Ramadan,” kata Sutignyo.

Penurunan jumlah pengunjung objek wisata ini, tidak hanya dialami oleh objek yang dikelola oleh pemerintah daerah melainkan juga dialami oleh objek wisata yang dikelola pihak swasta. Kondisi sangat wajar dan terjadi secara rutin setiap bulan Ramadan. Warga jarang berwisata di saat bulan puasa.

Dari data yang di UPTD Objek Wisata Disporabudpar Kabupaten Semarang, jumlah pengunjung Candi Gedongsongo pada pekan lalu tercatat hanya 21 orang kemudian meningkat dalam tiga hari 286 orang, dan terakhir tercatat hari Minggu hanya 424 orang. Pada kondisi bukan bulan puasa, setiap akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai 2.000 orang. “ Jumlah pengunjung di Gedongsongo turun 80% pada bulan Ramadan ini,” katanya. KR adalah sumber berita tentang Penurunan Pengunjung Objek Wisata ini.