Produksi Mobil Nasional Tahun 2014

Tahun 2014 Indonesia sudah bisa memproduksi mobil nasional (Mobnas). Tahun 2013 pengerjaan prototypenya dalam proyek mobil nasional ini selesai.
"Kami menargetkan tahun depan sudah selesai pengerjaan prototypenya dalam proyek mobil nasional ini dan pada tahun 2014 bisa memproduksi massal,” kata Mendikbud Muhammad Nuh, usai mengunjungi PT Dirgantara Indonesia (DI), di Bandung, Jumat (27/7).

Sebanyak tujuh kementerian dilibatkan dalam progam mobil listrik nasional ini, karena merupakan agenda besar pemerintah. Adapun tujuh kementerian yang dilibatkan yaitu Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Keuangan, BUMN, Perekonomian, Riset dan Tek-nologi dan Kemdikbud.

Dalam penggarapan ini seluruh kementerian menyokong dana untuk terwujudnya progam tersebut. Untuk dana saat ini masih belum bisa merincinya, karena masih dalam tahap riset. Kemdikbud akan berperan dalam hal riset dan mencari tenaga untuk penggarapan mobil listrik tersebut.

"Salah satunya kami menggandeng PT DI dan tengah menyiapkan infras-truktur serta tempat-tempat charger untuk mobil tersebut,” ujar Nuh.

Mendikbud mengatakan, tidak akan melewatkan sedikit pun semua pihak yang berpotensi untuk mewujudkan proyek ini. KR adalah sumber dari Artikel Produksi Mobil Nasional Tahun 2014 ini.