Mini Trail Monstrac, Motor Buat Anak-anak Petualang

Mini trail Monstrac
Mini trail Monstrac
Dunia otomotif tidak hanya menarik bagi kalangan dewasa, anak-anak pun semakin ba-nyak yang gandrung dan menerjuni hobi ini, termasuk di segmen motor. Beragam sarana untuk menyalurkan hobi anak-anak di bidang motor kini juga sudah hadir di pasaran. Antara lain mini trail yang dikembangkan Monstrac, produsen kendaraan bermotor yang selama ini fokus pada produk-produk adventure seperti motor trail dan ATV.

"Mini trail Monstrac 100 sangat cocok untuk anak-anak usia 8-14 tahun yang hobi berpetualang menggunakan sepeda motor sesuai usia mereka. Harganya pun cukup terjangkau, Rp 7,75 juta off the road." ujar Avenica, Marketing Monstrac Yogya di Jalan Kolonel Sugiyono 3 Pojok Beteng Wetan Yogya.

Menurut Avenica, mini trail berkapasitas mesin 100 cc ini juga sudah lolos uji kelaikan jalan, sehingga bisa mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kepolisian, dengan harga on the road sekitar Rp 9 jutaan.

Di Yogyakarta, peminat mini trail ini ternyata cukup tinggi. Terbukti permintaan yang terus mengalir. Monstrac 100 hadir dalam varian warna hijau, merah, oranye, biru, dan hi-tam. Tipe mesinnya 4 langkah dengan sistem pendingin udara dan diameter langkah 49,5 mm, berdaya maksimum 4,5/8.000 kw/rpm.

"Spesifikasi lainnya, Monstrac 100 didukung karburator Keihin, sistem starter kick starter dan electric starter, tipe transmisi 4 speed ma-nual-clutch, 4 gears up," jelas Avenica.

Tipe rangkanya, menggunakan air craft class crhomo craddle. Sementara suspensi belakang monoshock dan depan up side down. Sistem pengereman, depan dan belakang sama-sama hidraulye single disc dan sistem pengendalian rem cairan/fluida. Ban depan berukuran 60/-100-14 dan belakang 8Q/100-12 dengan wheel type aluminium. Sedang jarak poros roda 1.160 mm dan jarak ke tanah 295 mm. Motor berukuran kecil ini berat kosongnya sekitar 63 kg.

Selain kelas 100 cc, Monstrac juga menghadirkan motor trail untuk orang dewasa berkapasitas 200 cc seharga Rp 16,5 jutaan off the road, serta ATV 110 cc Rp 12 jutaan dan ATV 150 cc Rp 25 jutaan. Artikel tentang Mini Trail Monstrac di atas, dimuat di surat kabar Kedaulatan Rakyat.