Pengertian Konsumen, Definisi Konsumen

Pengertian Konsumen adalah salah satu yang pernah kita temui di sekolah. Pada saat sekolah, tentunya kita pernah belajar tentang ekonomi. Guru kita pasti pernah menjelaskan tentang produsen dan konsumen. Kita mengerti definisi tentang produsen dan konsumen, namun terkadang kita tidak mengerti arti lebih jauh dari pengertian tersebut. Kita pasti pernah mendengar stigma konsumen adalah raja. Sebenarnya apa yang membuat stigma tersebut muncul dan apa sebenarnya pengertian konsumen? Konsumen adalah orang-orang yang menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh para produsen atau juga pebisnis. Dalam dunia ekonomi, pebisnis selalu berusaha untuk memuaskan para konsumennya karena merekalah yang akan membuat sebuah bisnis berkembang. Stigma konsumen adalah raja muncul karena konsumen sering tidak perduli dengan masalah yang muncul selama proses produksi selama mereka mendapatkan barang yang diinginkan.

Pengertian Konsumen dari Beberapa Sudut Pandang
Pengertian konsumen bisa bermacam-macam berdasarkan sudut pandang tertentu. Menurut Wira Suteja, dalam pandangan pebisnis seperti dia, konsumen merupakan orang yang memberitahukan tentang keinginannya kepada kita, dan kita harus bisa memenuhi keinginan tersebut. Bagi dia, konsumen juga orang yang bisa memberikan penilaian tentang perusahaan dan pelayanannya. Maka dari itu konsumen sangat penting baginya. Sedangkan menurut undang-undang perlindungan konsumen, konsumen merupakan orang yang memakai barang dan jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan bukan menjual kembali barag tersebut.

Kerjasama antara Produsen dan Konsumen
Pengertian konsumen begitu banyak sehingga pantaslah ada stigma yang menyebutkan bahwa konsumen adalah raja karena para pelaku bisnis pastilah saling berlomba-lomba memuaskan konsumennya. Jika produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen, para konsumen pastilah akan mencari produsen lainnya yang lebih baik. Namun konsumen juga tidak bisa hidup tanpa adanya produsen. Seperti yang ditulis oleh redaksi kawan pustaka tentang pengertian konsumen, konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri. Maka dari itu konsumen juga sangat membutuhkan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Diperlukan kerjasama yang baik antara produsen dan konsumen untuk membentuk hubungan yang saling menguntungkan bagi keduanya.