Misteri Teka-teki Opening Ceremony Olimpiade 2012

Acara pembukaan Olimpiade London 2012 yang berlangsung spektakuler pada Sabtu (28/7) dini hari WIB, menyisakan sejumlah teka-teki, terutama di kalangan penonton. Sejumlah adegan pada pertunjukan yang digarap sutradara peraih piala Oscar, Danny Boyle, itu memang sempat membuat penasaran.

Sepanjang perhelatan Opening Ceremony yang berlangsung di Olympic Stadium, penonton sukses dibuat mengerutkan dahi dalam menampaki sejumlah adegan. Paling tidak ada lima sekuen yang memaksa orang harus menebak-nebak.

Yang pertama, kenapa pembawa acara membuka dengan bahasa Prancis?
Jawabnya, karena bahasa Prancis dan Inggris merupakan dua bahasa resmi Olimpiade XXX. Perlu diingat pula, Olimpiade modern didirikan oleh orang Prancis bernama Pierre de Coubertin. Penggunaan bahasa Prancis sekaligus untuk menghormati j asa-nya. Sebab, jika bukan karena dia, maka mungkin tak ada olimpiade.

Kedua, benarkah Ratu Elizabeth II benar-benar terbang dengan parasut?

Dalam sebuah adegan terlihat tayangan video di mana Ratu Elizabeth II dijemput James Bond yang diperankan Daniel Craig menggunakan helikopter dari istana menuju stadion tempat acara berlangsung. Lalu, keduanya terjun menggunakan parasut. Tentu saja Ratu Elizabeth II yang sudah uzur tak benar-benar teijun pa-yung. Aksi tersebut diperankan orang lain, sementara Sang Ratu dan Daniel Craig sudah menunggu di bawah.

Ketiga, penyanyi ‘misterius’.
Dalam sebuah momen yang lebih tenang di-mana atraksi mengenang korban pe-
rang dan teroris tengah digelar, muncul seorang penyanyi ‘tak dikenal’, menyanyikan lagu beijudul Abide with Me. Penyanyi itu adalah Emeli Sande. Ia memang kurang populer, selain prestasinya sebagai pemenang Brit Award 2012 dalam kategori kritik pilihan. Tapi Our Version of Events-nya. menduduki posisi nomor satu di tang-ga lagu Inggris. Ia juga penulis lagu
untuk penyanyi-penyanyi macam Susan Boyle, Leona Lewis, Tinie Tfempah, Cheryl Cole, Cher Lloyd dan Alesha Dixon.

Pertanyaan keempat, siapa penyulut obor Olimpiade?

Setelah obor Olimpiade dibawa rombongan, termasuk oleh David Beckham menggunakan perahu motor, dilanjutkan legenda olimpiade Steve Redgrave, api lantas dibawa oleh tujuh legenda Olimpiade yang meneruskannya kepada tujuh pemuda. Mereka lalu meneruskan pada 200 miniatur obor Olimpiade yang menyusun menjadi kaldron di tengah stadion. Ketujuh pemuda tersebut adalah Callum Airlie, Jordan Duckitt, Desiree Henry, Katie Kirk, Cameron MacRitchie, Ai-dan Reynolds, dan Adelle Tracey. Usia mereka antara 16 hingga 19 tahun.

Terakhir, maksud pemunculan kepala bayi raksasa di tengah gelanggang. Dari kepala bayi tersebut muncul ratusan tempat tidur rumah sakit, lengkap dengan perawat dan pasien bocah cilik. Atraksi ini temyata menggambarkan National Health Service, sebuah institut nasional yang didirikan pada 1948. Pada tahun itu pecah perang dunia, yang menghancurkan RS Great Ormond Street. Inggris juga tak lupa mengenang korban dari pemboman teroris pada 7 Juli 2005, sehari setelah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade. Surat kabar Kedaulatan Rakyat adalah sumber dari artikel Misteri Teka-teki Opening Ceremony Olimpiade 2012 ini.