Programmer Komputer, Syarat Menjadi Programmer Komputer

Programmer komputer pernah menjadi salah satu topik dalam berita di Kedaulatan Rakyat. Di sana ditulis mengenai Programmer komputer harus Inovatif. Itu merupakan salah satu syarat programmer (orang yang menulis program-- lihat pengertian program) komputer yang tidak tertulis yang barangkali tidak diketahui oleh semua orang.
Master Delphi, Eko Indriyawan hadir dan berbagi pengalaman dalam workshop di kampus STMIK Akakom, Jalan Raya Janti, Banguntapan Bantul, Kamis (19/7). Workshop tersebut dipandu Ir Sudarmanto MT dibuka Pembantu Ketua (Puket) I STMIK Akakom, Drs Berta Bednar.

Eko Indriyawan dalam kesempatan itu mengatakan, jadi programmer komputer harus inovatif. Inovasi itu tidak sekadar menguasal ilmu, memiliki skill juga memiliki jiwa yang inovatif. Mampu membaca keinginan pengguna dan kebutuhan masyarakat. "Mau belajar dari lapangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna teknologi informasi," ucapnya.

Sebagaimana adagium teknologi terus berkembang cepat. "Itu artinya, kemampuan dan kemauan inovasi harus dilakukan," ujar lelaki yang pernah kuliah semester awal Institut Teknologi Surabaya (ITS). Sebagaimana saat mendalami program Delphi berangkat dari kenekatan untuk menguasal ilmu dengan segala aplikasinya. Keunggulan dari Delphi, bahasanya terstruktur. Selain itu, membuka satu kode semuanya aplikasi sudah tersedia. Meski kritik sering muncul, untuk bisa memiliki lisensi Delphi harus membayar mahal. Delphi dalam perkembangannya memang memadukan bisnis dengan edukasi. "Maka beberapa negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia tertarik membeli lisensi program terbaru dari Delphi," tuturnya terus terang.

Berbeda di Indonesia, meski sudah diberi harga murah masih kurang berminat. Bahkan meminta gratisan. "Kami akui, Delphi tidak begitu populer karena lisensi memang harganya tinggi," tandasnya.

Sedangkan Berta Bednar saat membuka kegiatan mengatakan, dunia teknologi informasi berkembang cepat. Kalau tidak ingin tertinggal jangan bosan melakukan inovasi program-program terbaru. Salah satu peluang terbesar inovasi perlu diciptakan dari dunia kampus karena memiliki basic ilmu. "Inovasi soal kemauan dan kemampuan menjadi yang terbaik," ucapnya.