Cara mencegah Bunuh Diri

Antisipasi Cegah Bunuh Diri
Sebanyak 149 anggota polisi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di Gunungkidul selama bulan Ramadan diterjunkan menjadi dai kamtibmas. Mereka dibekali berbagai ilmu agama diharapkan bisa bersosialisasi dan menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait dengan berbagai hal. Di antaranya dalam bentuk antisipasi mencegah bunuh diri, antisipasi gangguan kamtibmas, pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga.

AKP Sukasih, Kasubag Humas Polres Gunungkiduil, Rabu (18/7) mengatakan, program ini dilaksanakan selama satu bulan penuh dilangsungkan secara serentak di seluruh desa mencapai 144 lokasi.

Dikatakan, dari data di Polres Gunungkidul, periode Januari hingga pertengahan Juli 2012 jumlah korban bunuh diri mencapai hampir 20 kasus dengan penyebab rata-rata karena gantung diri. Dari data tersebut menunjukkan sebagian besar menimpa warga yang berumur an-tara 60-80 tahun baik wanita maupun pria beralasan mengakhiri hidup akibat putus asa karena menderita sakit tidak kunjung sembuh.

Berdasarkan realitas inilah kepolisian memiliki kepedulian terhadap masyarakat agar mampu mencegah terjadinya aksi bunuh diri. Setidaknya melalui berbagai kesempatan polisi bisa mengajak masyarakat untuk ikut berperan mengatasi berbagai persoalan yang terkait dengan gangguan kamtibmas dan lainnya.

'Tanpa mendapat dukungan masyarakat program yang dilaksanakan polisi tidak akan berhasil maksimal." ucapnya.
Berita tentang cara mencegeh bunuh diri ini dari Kedaulatan Rakyat.