Alibi, pengertian Alibi, Maksud Alibi

Pengertian alibi bisa didapatkan dari berbagai sumber. Secara harfiah atau makna sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia, alibi adalah sebuah alasan yang disampaikan kepada orang lain sebagai bukti bahwa yang bersangkutan tidak berada dalam tempat kejadian perkara sebuah peristiwa kejahatan sedang terjadi. Alibi merupakan alasan bahwa seseorang sedang berada di lokasi lain pada saat suatu peristiwa kejahatan sedang terjadi. Dengan seseorang menyampaikan alibinya, maka seseorang tersebut bisa dikatakan tidak akan terbulti trelibat bahkan dianggap bersalah dalam suatu peristiwa kejahatan. Namun saat ini banyak orang yang menggunakan sitilah alibi dengan inti makna atau maksud yang tidak tepat dengan maksud penyampaiannya yang sebenarnya.
Pergeseran makna pengertian alibi
Ketidak tepatan penggunaan istilah alibi yang sesuai dengan pengertian alibi yang sesungguhnya membuat istilah alibi itu sendiri seolah-olah telah mengalami pergeseran makna secara harfiah. Pergeseran makna alibi akhir-akhir ini telah merubah makna istilah alibi yang sesungguhnya menjadi sebuah makna yang semakin sesat dan tidak benar alias semakin jauh dari makna yang sebenarnya. Salah satu pergeseran makna istilah alibi yang kurang tepat penggunaannya adalah alibi sering kali diartikan sebagai suatu alasan atau sebuah argumentasi dari segala macam pertanyaan, meskipun apapun bentuk alasan tersebut. Pengertian ‘alasan’ dari pertanyaan manapun tentu saja sudah sangat menyimpang dengan pengertian alibi yang sesungguhnya bahwa alibi adalah sebuah alasan sebgaai bukti bahwa seseorang yang bersangkutan berada di tempat lain ketika suatu peristiwa kejahatan sedang terjadi. Hal ini bertujuan untuk membuktikan diri bahwa seseorang tersebut tidak terlbat dalam aksi kejahatan tersebut.
Kunci penggunaan pengertian alibi yang tepat dan benar
Dari pengertian alibi di atas, sudah terlihat jelas bahwa alibi akan dikaitkan erat dengan kehadiran dan ketidakhadiran seseorang dalam sebuah peristiwa sebagai bukti utamanya. Seseorang tersebut juga dapat menunjukan bukti-bukti lainnya untuk menguatkan alibinya. Tak salah jika istilah alibi akan dikaitkan dengan hukum dan hal-hal yang berhubungan dengan kasus kejahatan/ criminal. Satu-satunya kunci utama dalam menggunakan istilah alibi yang tepat dan benar adalah dengan menyebutkan lokasi atau tempat serta adanya saksi yang menguatkan keberadaan orang tersebut yang memang berada di lokasi/ tempat selain di TKP. Dengan cara demikian, anda sudah benar dalam menerapkan pengertian alibi.