ATM, Pengertian, Jenis, Jaringan

atm setoran tunai
ATM setoran tunai BCA
atm setoran tunai
ATM bank Mandiri
Pengertian ATM
Pengertian ATM adalah mesin yang digunakan untuk menggantikan tugas teller pada sebuah bank. Dengan  adanya ATM, seseorang bisa melakukan penarikan dan setoran uang secara mandiri. Mandiri di sini mengacu pada apa yang dilakukan oleh orang tersebut, bukan mandiri sebagai nama bank. Karena bank BCA, Muamalat, BNI dll mempunyai ATM juga.

Singkatan ATM / Kepanjangan ATM
Singkatan ATM atau Kepanjangan ATM berasal dari bahasa inggris Automatted Teller Machine atau Mesin Teller Otomatis. Namun dalam perkembangannya di Indonesia 'ndilalah' singkatan ATM tersebut bisa dipanjangkan menjadi Anjungan Tunai Mandiri yang kurang lebih artinya sama dan huruf singkatannya juga sama.

Macam Jenis ATM
Dari segi arah uang, jenis ATM bisa dibedakan menjadi 2 yakni ATM penarikan uang dan ATM setoran Uang. Gambar ATM diatas mewakili dua jenis ATM ini.
Pembagian ATM menurut keterlibatan uang ada 2 yakni ATM tunai dan ATM non tunai. ATM Tunai melibatkan uang sedangkan ATM non Tunai tidak melibatkan uang. Lantas apa gunanya ATM non tunai kalau tidak ada uang yang terlibat? Well, jenis ATM ini biasanya digunakan untuk melakukan transfer. Apalagi didukung dengan adanya keyboard, kita bisa melakukan transfer sambil memasukkan pesan atau berita tertentu dalam transferan kita agar mempermudah transaksi dan notifikasi bagi orang yang kita transfer. Gampangnya kita bisa bilang kepada orang yang kita transfer "hei saya sudah transfer loh, kemarin sebesar x rupiah dan beritanya blablabla".

Jaringan ATM
Setidaknya ada 2 jaringan ATM di Indonesia yakni Jaringan ATM Bersama dan Jaringan ATM Prima. Sebuah bank bisa terdaftar di satu atau dua jaringan ATM sekaligus. Untuk dapat melakukan transfer uang, sebuah bank perlu berada dalam satu jaringan. Lihat daftar kode ATM Bersama dan daftar kode ATM Prima.