Rusia Musuh Islam?

muslim rusia

muslim rusia
Beberapa waktu yang lalu ada artikel menarik mengenai apakah Rusia musuh Islam, well berikut ini selengkapnya;
Rusia tak Musuhi Islam
Rusia bukanlah musuh bagi Islam dan Muslim. Mufti Rusia, Ravil Gainutdin, menyatakan, ketika negara-negara di Eropa membatasi kebebasan beragama, Rusia tidak demikian. Negara Beruang Merah mengambil langkah konstruktif dalam melindungi hak dan perasaan para penganut agama, termasuk Islam.
Gainutdin menambahkan, ju-taan Muslim Rusia adalah bagian dari umat Islam di seluruh dunia. Banyaknya tokoh pencerahan Islam yang berasal dari Rusia dalam dua dekade terakhir adalah bukti bahwa Rusia bukanlah negara yang mengekang perkembangan Islam. Organisasi Islam juga mendapat dukungan yang besar dari negara, terutama dalam hal pendidikan Islam maupun pembiayaan sejumlah proyek yang dilakukan komunitas Muslim.

“Puluhan masjid, madrasah, universitas, dan pusat kebudayaan Muslim telah didirikan dan dibuka di Rusia setiap tahunnya. Karena itu, pendapat yang menyatakan bahwa Rusia tidak ramah pada Islam tidak sesuai dengan kenyataannya,” tuturnya pada RT.com.

Meski demikian, dia mengakui, ada sejumlah masalah serius yang harus dihadapi. Tetapi, hal itu bisa dimengerti karena merupakan bagian dari perubahan tatanan negara dari negara totalitarian menjadi negara yang menjunjung demokrasi.

Rusia, lanjutnya, adalah rumah bagi sekitar 20 juta Muslim. Saat ini, Islam adalah agama kedua terbesar setelah Kristen Ortodoks. Meski demikian, sentimen anti-Muslim masih terasa. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatkanya populasi pekerja migran dari Asia yang membawa tradisinya ke Rusia. Para pekerja migran tersebut dipandang sebagai “alien” oleh banyak pen-duduk lokal.

Saat ini, populasi Muslim di Moskow diperkirakan mencapai dua juta orang. Sementara, jumlah masjid yang ada tak cukup untuk menampung dan mengakomodasi kegiatan keagamaan kaum Muslimin tersebut. Akibatnya, saat hari ray a, mereka terpaksa melaksanakan
shalat Id di jalanan sehingga menim-bulkan kemacetan dan mengganggu penduduk kota lainnya. Meski masjid sangat sedikit,Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin ragu bahwa akan berdiri masjid baru di Ibu Kota Rusia ini dalam waktu dekat. Hal ini mengingat kebanyakan Muslim bukanlah penduduk Moskow.

Sementara itu, Prosiden Rusia Vladimir Putin menegaskan, hak untuk beragama dan beribadah mesti dihargai. Tetapi, perlu diingat, kata Putin, Rusia adalah negara sekuler. Republika adalah sumber dari artikel mengenai Rusia tak Musuhi Islam ini.