Penanganan Erupsi Merapi Jadi Contoh Dunia

Kabupaten Sleman menjadi contoh penerapan penanganan kegunungapian di dunia. Pasalnya, dalam penyelenggaraan konferensi bencana erupsi di Mek-siko pekan lalu, Bupati Sleman, Sri Purnomo menjadi tolak ukur keber-hasilan pemerintah dalam mena-ngani musibah tersebut.

Purnomo mengatakan, dalam diskusi itu, pihaknya hanya mem-presentasikan pengalamannya saat erupsi Merapi terjadi. Karena, yang menjadi perhatian adalah upaya Sleman mengungsikan hampir 200 ribu penduduknya dalam waktu enam jam.

“Peserta dalam konferensi itu heran, sekaligus salut terhadap Sleman,” kata Purnomo pada warta-wan di ruang Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Rabu (28/11).

Masyarakat dunia tentunya mempertanyakan langkah dan perhitungan Pemkab Sleman saat mengangkut warganya dalam waktu singkat. Namun, Purnomo menja-
wab, sikap gotong royong dan tolong menolong penduduk Indonesia sa-ngat kuat, membuat proses itu dapat berjalan lancar.

Sebagai bentuk apresiasi dunia pada Sleman, Purnomo mengatakan, panitia konferensi berencana menggelar seminar yang ke-8 pada 2014 di Kabupaten Sleman. Karena itu, pihak Pemkab akan segera membicarakan persoalan ini ke Gubernur DI Yogyakarta.

“Kegiatan tersebut diadakan dua tahun sekali, dan rencananya
akan digelar di Sleman pada Okto-ber 2014,” ucapnya. •

Purnomo menambahkan, hasil dari kegiatan ini menyadarkan bah-wa kemajuan teknologi sudah sa-ngat bisa diandalkan. Sehingga, masyarakat harus lebih membuka diri terhadap peringatan dini yang diberikan pemerintah.

Kemudian, Purnomo mengim-bau, bila bencana dapat terdeteksi, maka masyarakat harus segera tu-run. Rekomendasi pemerintah perlu diprioritaskan. “Kami hanya beru-
paya mengamankan masyarakat, karena itu, jangan ada lagi keper-cayaan sepihak dari warga yang me-nuntut untuk tetap tinggal bila Merapi mulai terdeteksi,” ujamya.

Konferensi yang diadakan di Meksiko merupakan kegiatan diskusi masyarakat dunia yang tinggal di kawasan gunung berapi. Menurut Purnomo, selain membahas masalah bencana dari segala sisi, seminar itu juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman. Artikel tentang Penanganan Erupsi Merapi Jadi Contoh Dunia ini berasal dari Republika.