Overdosis Obat Batuk

Siswa SMP Meninggal Overdosis Obat Batuk
Penyalahgunaan obat di kalangan remaja tanggung, sungguh mem-prihatinkan. Di Kabupaten Cila-cap, dua siswa SMP warga Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja. meninggal dunia setelah mencoba 'fly' dengan menggunakan obat dextro-methorpan.

Sedangkan dua remaja lainnya, masih bisa diselamatkan dan dalam perawatan. Dua remaja yang meninggal tersebut, yakni Kriswanto (13) dan Rah-manto (141. Sedangkan dua remaja lain yang dirawat adalah Frengki (14) dan Torik (16).

"Kedua remaja yang berhasil diselamatkan kini dirawat di Puskesmas Kecamatan Sidareja,” jelas Kesubag Humas Polres Cilacap AKP Siti Khayati, Rabu (28/11).

Berdasarkan keterangan yang di-peroleh pihak kepolisian, keempat remaja itu mengonsumsi obat yang sebe-narnya merupakan obal batuk tersebut, di rumah Torik di Desa Tambaksari, Senin (26/11) malam. Ketika itu, orang-tua Thorik sudah tidur semua.

"Saat itu, Kriswanto mengonsumsi pil dextro sebanyak 18 butir, Rahmanto 30 butir, Frengki 20 butir, dan Torik mengonsumsi hingga 40 butir,” jelasnya.

Hingga padi hari, tidak ada penghuni rumah Thorik tersebut. yang tahu apa yang dilakukan Thorik dan ketiga kawan-kawannya. Orangtua Thorik, baru mengetahui bahwa keempatnya telah bermabuk-mabukkan semalam suntuk, pada Selasa (28/11) pagi.

Oleh orangtua Thorik dan warga setempat, keempat remaja yang sudah dalam kondisi diam tak bergerak tersebut langsung dilarikan ke Puskesmas Sidareja. Sementara warga lainnya, melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kedungreja.

Namun petugas medis Puskesmas setempat, memastikan bahwa sebelum dibawa ke Puskesmas, Kriswanto dan Rahmanto sudah meninggal dunia.

Terkait kejadian ini, Siti Khayati mengatakan, pihak Polres Cilacap akan menggelar sosialisasi kepada masya-rakat untuk tidak mengonsumsi obat secara berlebihan. Terlebih obat jenis dextromethorpan.

Pil dextro, atau dextromethorphan atau yang biasa disingkat dengan nama DMP, merupakan bahan aktif obat batuk yang memang dapat dibeli secara bebas tanpa resep di apotik atau toko obat.

Bila dikonsumsi dalam dosis yang sesuai, pil DMP bermanfaat untuk menekan batuk dan penurun demam. Cara kerja obat ini, adalah dengan menaikan ambang batas rangsang batuk di bagian otak, bukan bekerja pada saluran pernapasan seperti be-berapa jenis obat lainnya.