Skala modifikasi intensitas Mercalli, skala MMI


Skala modifikasi intensitas Mercalli (MMI) mengukur kekuaan gempa bumi sebagai berikut:
Skala intensitas gempa bumi menurut modified mercalli intensity (MMI), 1931
SKALA I MMI
Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang (biasanya pada  orang yang berada di gedung bertingkat).
SKALAII MMI
Getaran dirasakan oleh beberpa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
SKALA III MMI
Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat
SKALA IV MMI
Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar beberapa orang terbangun. Gerabah pecah, jendela, pintu bergemerincing, dinding berbunyi karena pecah-pecah.
SKALA V MMI
Getaran dirasakanoleh hamper semua penduduk, orang banyak terbangun. Gerabah pecah, jendela dsb.pecah, barang-barang terpelanting, pohon-pohon, tiang-tiang dll, tampak begoyang. Bandul lonceng dapat berhenti.
SKALA VI MMI
Getaran dirasakan oleh semua penduduk, kebanyuakan terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap dari pabrik rusak. Kerusakan ringan
SKALA VII MMI
Tiap-tiap orang keluar tumah. Kerusakan ringan pada rumah-rumah dan bangunan dengan konetruksi yang baik dan tidak baik, cerobong asap retak atau pecah-pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.
SKALA VIII MMI
Kerusakan ringan pada bangunan-bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak-retak pada bangunan yang kuat, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap dari pabrik-pabrikdan monument-monumen roboh. Air menjadi keruh.
SKALA IX MMI
Kerusakan pada bangunan-bangunan yang kuat, rangka –rangka rumah menjadi tidak lurus,banyak retak-retak pada bangunan yang kuat. Rumah tampak agak pindah dari pondamennya. Pipa-pipa dalam tanah putus.
SKALA X MMI
Bangunan dari kayu yang kuat rusak, rangka-rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah, rel kereta melengkung, tanah longsor di tiap-tiap sungai dan di tanah-tanah yang curam. Air bah.
SKALA XI MMI
Bangunan-bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel kereta melengkung sekali.
SKALA XII MMI
Hancur sekali. Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara
Jadi begitulah tadi Skala modifikasi intensitas Mercalli atau skala MMI.