Fungsi MS Excel

Fungsi MS Excel merupakan formula khusus yang telah disiapkan oleh Excel. Fungsi ini dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang, kompleks, atau rumit.
Fungsi MS Excel siap pakai yang dimiliki Excel dapat Anda aktifkan dengan mengklik ikon Insert Function yang terdapat di sebelah kiri formula bar.
Berbagai contoh fungsi Excel, dapat digunakan untuk olah data matematik, statistik, tanggal, waktu, finansial/keuangan dan sebagainya. Fungsi tersebut dapat dilihat dengan mengklik ikon Insert Function. Kotak dialog Insert Function akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.
Jika Anda mengetahui fungsi yang dikehendaki, ketik pada kotak isian field Search for a function, dilanjutkan klik tombol Go. Atau klik dropdown field Or select a category:. Selanjutnya fungsi dari kategori terpilih akan ditampilkan dalam bagian Select a function.
Penjelasan fungsi ditampilkan pada bagian bawah. Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, klik Help on this function atau klik ikon Help yang berada di posisi kanan atas. Jika Anda akan menggunakan fungsi MS Excel, sorot bagian Select a function: dan lanjutkan dengan klik tombol OK.
Misalkan Anda memilih fungsi IF, Excel akan menampilkan jendela/ kotak dialog Function Arguments seperti berikut ini.
Jika Anda mengalami kesulitan untuk memahami penggunaan fungsi tersebut, Anda dapat meng-klik Help on this function. Penjelasan secara lengkap fungsi tersebut akan ditampilkan (dalam bahasa Inggris), sebagian tampilan dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Penggunaan fungsi, di samping dilakukan dengan cara di atas, juga dapat dilakukan dengan cara menulis fungsi, tentu saja jika Anda telah mengetahui penggunaan fungsi dan argumen fungsi bersangkutan. Penjelasan secara lengkap berbagai fungsi finansial MS Excel terapan bisa anda dapatkan di informasi mengenai Fungsi MS Excel.