Menurunkan Risiko Batu Ginjal, Mengurangi Batu Ginjal

Berikut ini bebeberapa hal yang dapat menurunkan resiko batu ginjal atau mengurangi resiko batu ginjal.
  1. Kalsium makanan baik, suplemen kalsium buruk
Ada dua macam kalsium, yaitu kalsium alami(dari makanan) dan kalsium suplemen. Kedua jenis kalsium itu berbeda dan memberikan efek yang berbeda pula pada kejadian batu ginjal. Kalsium yang berasal dari makanan dapat menurunkan risiko batu ginjal sedangkan kalsium dari suplemen dapat meningkatkan risikonya. Hal ini dipaparkan oleh Curhan dan koleganya yang berjudul “ A prospective study of dietary calcium and other nutrients and the risk of symptomatic kidney stones”. Dalam tulisan yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine tersebut, mereka menegaskan bahwa asupan kalsium memang memengaruhi terjadinya batu ginjal, hanya sumbernya saja yang dapat memengaruhi beragam efek dari jumlah kalsium yang dikonsumsi.
  1. Kalium
Kalium adalah salah satu mineral yang dapat menolong Anda menghindari masalah batu ginjal. Curhan dan koleganya menemukan bahwa mengonsumsi kaliu lebih banyak mampu menurunkan risiko batu ginjal. Ia membandingkan antara dua kelompok yang mengonsumsi 4042 mg perhari dan 2895 mg/hari. Dari kedua kelompok tersebut diketahui bahwa kelompok yang mengonsumsi kalium dalam jumlah tinggi lebih sedikit terkena batu ginjal. Penelitian inibahkan mencatat bahwa penurunan risikonya dapat mencapai 50%.
  1. Asupan cairan
Intinya adalah semakin tinggi aliran cairan dalam ginjal kita maka akan semakin sedikit kemungkinan batu ginjal akan terbentuk. Sama seperti ketika kita membasuh kotoran pada pakaian. Noda yang tadinya menempel perlahan-lahan bisa terangkat dan bersih. Untuk itulah kita perlu banyak minum air putih. Karenanya perlu dipastikan Anda minum sebanyak 250 ml setiap kali makan, diantara waktu makan dan saat sebelum tidur. Akan lebih baik lagi jika Anda minum segelas air putih disaat Anda terbangun di tengah malam. Anjuran minum air putih sebanyak 8 gelas per hari masih tetap sama. Apakah Anda sudah menjalaninya?
  1. Serat
Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang efektif dalam melindungi dari dampak buruk kelebihan asupan oksalat bagi tubuh. Rotily dan kawan-kawan menemukan bahwa orang yang asupan seratnya sesuai standar kebutuhan yaitu 25 g perhari tidak menunjukkan tanda-tanda kelebihan kalsium dan oksalat urin seperti yang terdapat pada wheat bran.
  1. Vitamin B6
Orang yang mengonsumsi vitamin B6 sebanyak 40 mg perhari memiliki risiko 0,66 kali menderita batu ginjal daripada orang yang asupan vitamin B6 kurang 3 mg/hari. Ya, vitamin B6 melindungikita dari batu ginjal atau dengan kata lain mengurangi resiko batu ginjal atau menurunkan resiko batu ginjal.