Macam Jenis Cat, Macam Cat, Jenis Cat, Fungsi Cat

Berikut ini berbagai macam jenis cat yang bisa kita temui di pasaran. Masing-masing jenis cat ini memiliki fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan macam-macam cat berikut;
  • Cat dasar
Setelah ditutup dengan plester dan acian, dinding dapat ditutup dengan cat dasr. Cat dasar atau plamir berfungsi untuk menutup pori - pori dinding yang diplester ( diaci ). Kebutuhan plamir untuk dinding ruangan Anda tergantung dari luas ruangan yang akan dicat. Pada pengaplikasian di apangan, biasanya 1 kg plamir dapat menutupi bidang tembok seluas 4 – 6 m2.
  • Cat finishing
Cat finishing dikerjakan  setelah cat dasar selesai. Jenis cat ini dikategorikan menjadi tiga jenis sebagai berikut.
  • Cat interior yaitu jenis cat yang digunakan didalam ruangan atau bagian dalam rumah.
  • Cat eksterior yaitu jenis cat yang digunakan pada bagian luar rumah. jenis cat ini berbeda dengan cat interior karena letak penggunaannya yang berbeda diluar ruangan sehingga faktor ketahanan terhadap cuacanya lebih besar dibanding dengan cat untuk interior.
  • Cat dekoratif yaitu jenis cat yang digunakan untuk menampilkan suatu kesan keindahan, biasanya digunakan pada dinding atau ruangan tertentu yang digunakan sebagai elemen dekoratif ruangan. Bisa digunakan di dalam maupun diluar ruangan.
  • Pelitur
Menampilkan keaslian kayu karena serat kayu tetap dapat terlihat karena plitur bersifat transparan. Digunakan untuk eksterior yang rtidak langsung terkena matahari.dapat diaplikasikan dengan kuas atau disemprot.
  • Cat minyak ( cat kayu, cat Besi )
Cat minyak menutup seluruh permukaan kayu / besi dengan material dan warna cat. Cat jenis ini tersedia untuk interior dan eksterior. Diaplikasikan dengan kuas.
  • Melamin
Menampilkan keindahan serat kayu dengan hasil rata, mengkilap dan indah. Penetrasi cuup dalam. Digunakan untuk interior dan diaplikasikan dengan cara disemprot.
  • Poly uretan ( PU)
Menampilkan keindahan serat kayu dengan hasil rata, mengklilap, dan indah. Penetrasi hanya kepermukaan kayu. Poly uretan lebih fleksibel daripada melamik sehingga tidah mudah rusak dan retak. Tersedia untuk interior dan eksterior. Digunakan dengan cara disemprotkan.
  • Cat duco
Cat ini menutup seluruh permukaan kayu / besi dengan material dan warna cat. Digunakan untuk dinding interior. Cat jenis ini diaplikasikan dengan teknik semprot. Dengan demikian fungsi cat dan cara aplikasi cat juga tergantung dari jenis cat atau macam cat itu sendiri.