Macam Kabel, Jenis Kabel, Instalasi Listrik Rumah

Berikut ini macam kabel atau jenis Kabel yang Digunakan untuk Instalasi Listrik Rumah Tinggal
  • Kabel NYA
Kabel NYA merupakan kabel listrik yang berisolasi PVC dan berisi satu kawat. Merupakan kabel udara atau tidak ditanam dalam tanah. Kabel listrik ini biasanya berwarna merah, hitam, kuning, atau biru. Isolasi kawat penghantarnya hanya satu lapis, sehingga tidak cukup kuat terhadap gesekan, gencetan, tekanan, atau gigitan binatang seperti tikus. Karena kelemahan pada isolasinya tersebut maka dalam permasangannya diperlukan pelapis luar dengan menggunakan pipa conduit dari PVC atau besi.
  • Kabel NYM
Kabel NYM Merupakan kabel listrik yang berisolasi PVC dan berisi kawat lebih dari satu ( 2, 3  ataau 4 ). Jenis kabel udara dengan isolasi luar umumnya berwarna putih dan warna isolasi bagian dalam beragam. Isolasi rangkap membuat kabel listrik NYM relatif lebih kuat terhadap gesekan, gencetan, dan tekanan.
  • Kabel NYY
Kabel NYY merupakan kabel berisolasi PVC, berintikan 2 , 3 atau 4 dengan warna isolasi luar hitam. Merupakan jenis kabel tanah sehingga tahan terhadap air dan gencatan atau tekanan.
  • Kabel NYMHYO
Kabel NYMHYO merupakan kabel serabut dengan dua buah inti yang terdiri dari dua warna. Kabel jenis ini biasa digunakan pada loudspeaker, sound sistem, dan lampu – lampu berdaya kecil sampai sedang.
Jadi demikian tadi jenis kabel atau macam kabel dalam instalasi listrik rumah.