Fungsi Ginjal

Fungsi Ginjal adalah organ vital dalam kehidupan manusia. Karena itu, masalah yang ditimbulkannya saat bermasalah bisa jadi membuat gangguan dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah masalah-masalah yang dapat terjadi pada ginjal.
Andaikan saja, Saat sedang mengendarai kendaraan mobil atau motor, sempatkah terpikir oleh Anda bagaimana mesin itu bekerja. Mesin yang digunakan untuk menjalankan kendaraan Anda membutuhkan bensin untuk dapat hidup. Selama bekerja, bensin diolah sedemikian rupa agar mesin dapat tetap berjalan dan mengantarkan Anda kemana saja. Lalu apakah Anda sempat memerhatikan kendaraan di depan  Anda saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya? Asap knalpot yang dikeluarkan setiap kendaraan, yang mungkin saja sangat mengganggu Anda, dan memang harus dikeluarkan oleh kendaraan itu. Bagaimana jika ternyata saluran pembuangannya terganggu dan asap tertahan di dalam kendaraan tersebut?
Anda bisa saja kagum dengan mesin-mesin yang diciptakan saat ini. Manusia bisa membuat mobil, pesawat terbang bahkan kapal ruang angkasa  yang mampu mendaratkan orang ke bulan. Tapi apakah Anda pernah begitu kagum dengan apa yang telah dimiliki oleh tubuh Anda? Bagai tubuh Anda mengolah semua yang masuk ke dalam tubuh(dalam bentuk makanan) lalu sisanya dibuang. Prinsip pengolahan zat  makanan menjadi energy oleh tubuh Anda tidak jauh berbeda dengan konsumsi bahan bakar pada pesawat terbang yang sering Anda lihat di langit atau mobil yang setiap hari  Anda kendarai. Selalu ada bahan sisa yang harus  dibuang. Jika tidak, bagian dalamnya akan mendapat masalah.
Karena alasan itulah kita harus bersyukur kepada Alloh karena kita masih memiliki ginjal yang sehat (atau setidaknya belum bermasalah dan menimbulkan gejala karena tidak dari kita semua rutin memeriksakan kesehatan ginjal). Fungsi Ginjal menyaring bahan-bahan beracun yang beredar di dalam darah yang berasal dari metabolism bahan-bahan sisa dalam tubuh. Terdapat system yang berkesinambungan antara berbagai organ tubuh, pembuluh darah dan ginjal untuk memastikan bahwa bahan sisa itu tidak terlalu terlalu lama berada di dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan organ dalam tubuh kita. Melalui ginjal bahan sisa tersebut lalu dibuang bersama produk cairan yang disebut urin. Dengan demikian, obat,  racun, bahan pengawet, pemanis bahkan sisa metabolism protein yang berbahaya pun bisa disingkirkan. Yang menjadi masalah adalah bila ginjal rusak/macet. Seperti sebuah saringan air yang tertutup oleh endapan kapur sehingga tidak dapat menyaring dengan baik, atau justru saringan yang berlubang-lubang sehingga banyak bahan yang seharusnya dipertahankan ikut terbuang. Tentu saja itu semua akan mengurai fungsi ginjal.