Jenis Diabetes, Macam Diabetes

Secara umum, diabetes terbagi menjadi beberapa tipe. Pembagian ini penting karena penyebab naiknya kadar gula yang mengarah pada diabetes bisa berbeda pada setiap individu. Berikut ini adalah jenis-jenis diabetes atau macam diabetes:
  1. Jenis Diabetes mellitus tipe 1
Diabetes mellitus tipe 1 atau yang sering disebut insulin Dependent Diabetes. Mellitus adalah jenis diabetes yang disebabkan karena kekurangan hormone insulin akibat dari kerusakan pancreas (organ membuat hormone tersebut). Kerusakan pancreas ini bisa dilatarbelakangi masalah genetic (keturunan) atau kerusakan karena kegagalan system kekebalan tubuh (autoimun). Hal ini yang paling menonjol pada penderita penyakit ini adalah penderita biasanya berusia kurang dari 30 tahun (meskipun sebenarnya gejala penyakit ini bisa timbul pada usia berapapun). Orang yang terkena diabetes jenis ini biasanya menjadi lebih kurus dan tergantung pada pemberian hormone insulin dari luar tubuh.
  1. Jenis Diabetes Melitus Tipe 2
Diabetes ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak ditemukan di masyarakat. Tipe ini dapat disebabkan oleh dua hal yakni berkurangnya kemampuan sel dalam tubuh untuk mematuhi hormone perintah hormone insulin dan kerusakan fungsi pancreas sehingga produksi hormone insulin tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh secara keseluruhan. Seperti dijelaskan sebelumnya, apabila sel tubuh terlalu sering terpapar kadar gula arah yang tinggi secara terus menerus , gembok yang berupa reseptor insulin akan tidak lagi cocok/ peka dengan insulin(kuncinya).
Disamping itu, pancreas sebgai pabrik penghasil insulin, dalam keadaan asupan karbohidrat dan gula yang tinggi, berusaha menyesuaikan dengan memproduksi insuliln yang lebih banyak. Jika hal itu terjadi terus-menerus, maka mesin pancreas yang dipaksa bekerja terus-menerus itu akan perlahan-lahan akan mengalami kerusakaan. Kegemukan/obesitas juga dikatakan sebagai factor penyebab Diabetes tipe 2 ini, dikarenakan pada orang yang obese kadar asam lemak yang tinggi dalam darah menjadi radikal bebas yang merusak gembok/reseptor insulin dalam sel. Diabetes jenis ini dikenal juga sebagai Non-insulin Dependent Diabete Melitus karena terapinya tidak hanya bergantung pada insulin semata. Orang yang didiagnosis diabetes tipe 2 umumnya berusia lebih dari 30 tahun, walaupun sekarang seringkali muncul pula pada usia muda dan anak-anak.
  1. Jenis Diabetes Kehamilan
Diabetes kehamilan dapatterjadi karena dalam proses kehamilan yang disertai perubahan-perubahanhormone yang dialami oleh ibu hamil dapat berdampak pada peningkatan kadar gula darah selama kehamilan., tetapi diagnosis diabetes kehamilan ditegakkan tersendiri, dan tidak selalu didapatkan pada ibu hamil. Wanita yang telah memiliki masalah gula darah sebelumnya, akan lebih berisiko mengalami diabetes gestasional pada saat dia hamil, dengan kata lain kehamilan memperberat kondisi masalah gula darah atau diabetes yang telah dialami sebelumnya.
  1. Jenis Diabetes Spesifik
Banyak factor lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami diabetesmellitus.
Faltor-faktor tersebut dapat berkaitan dengan
  • Penyakit pada pancreas: tumor, infeksi, peradangan, dll.
  • Pengaruh obat-obatan atau bahan kimia
  • Infeksi secara umum
  • Sindroma khusus  yang berkaitan dengan diabetes seperti Down Syndrome
Namun begitu, setidaknya kita sudah mempelajari mengenai jenis diabetes atau macam diabetes.