Near Field Communication (NFC)


Ensiklopedia NFC (Near Field Communication) | Near Field Communication (NFC) merupakan sebuah fasilitas baru yang belum banyak diadopsi oleh para vendor ponsel cerdas. Fasilitas ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponselnya ke alat pembayaran di gerai atau toko yang telah mendukung fasilitas ini. Dengan demikian, pengguna pansel tidak perlu membawa banyak uang atau kartu kredit saat akan berbelanja.
Cara kerjanya sebenarnya sederhana. Dalam ponsel, chip NFC akan menyimpan informasi kartu kredit yang telah disandikan (encrypted).
Saat didekatkan ke sebuah penerima NFC, chip ini lalu akan mengirim sinyal berisi informasi kartu kredit pengguna (misalnya nomor kartu kredit, saldo kredit, dan lainnya). Penerima ini lalu akan menguraikan (decrypt) inftjrmasi ini dan melakukan validasi informasi kartu kredit ini (misalnya apakah saldo kredit masih mencukupi untuk melakukan pembayaran, atau apakah kartu kredit ini terblokir atau tidak). Jika hasil verifikasi tidak menunjukkan pesan kesalahan, transaksi akan dilanjutkan.
Disebut near-field karena chip NFC hanya akan berfungsi optimal jika berada dalam jarak dekat (near-field) dengan penerima NFC. Tentu pengguna tidak harus menempelkan ponselnya ke penerima NFC untuk memanfaatkan fasilitas ini. Dalam praktiknya, pengguna cukup mendekatkan ponselnya ke penerima dengan cara melambaikan ponsel. Diciptakan oleh NXP Semiconductors dan Sony, teknologi NFC ini telah makin populer di dunia ponsel dan diperkirakan akan menjadi fasilitas standar di setiap ponsel.
Meskipun NFC baru diterapkan di dunia ponsel untuk melakukan pembayaran, teknologi ini sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan lain. Misalnya perangkat yang dilengkapi chip NFC akan bisa membaca tag berbasis NFC yang ada di museum atau toko untuk mendapatkan informasi lebih jauh (atau untuk melihat tayangan video atau audio). Via NFC, pengguna juga dimungkinkan bertukar nomor telepon, foto, lagu, aplikasi/softiva/-e, video, atau menghubungkan dua perangkat Bluetooth. | Kompas 8 September 2011