Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Saya ingin bertanya, antara mobil Fortuner Type TRD (matic), 2,5G * [matic), 2,7V (matic), mana tipe yang paling baik? Selain itu, apa kelebihan dan kekurangan dari diesel dan bensin? Terima kasih.

Rani Regina


Coba perhatikan ketiganya, memakai mesin yang sama sedangkan perbedaannya adalah fitur-fiturnya.

Aksesorinya, jika Anda cermat, dapat memilih sesuai kebutuhan atau melihat dari segi penampilan. Hal ini bersifat pribadi sehingga tidak bisa minta pendapat orang lain. Bisa juga kita membandingkan dengan tipe sejenis dari merek lain Kemudian, mobil yang bermesin diesel biasanya lebih mahal daripada yang bermesin bensin.

Untuk pemakaian yang jarak tempuhnya tinggi, mesin diesel lebih menguntungkan karena konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit. Secara pemeliharaan, diesel mampu bekerja lebih panjang, hal ini yang menyebabkan pemeliharaannya seringkali terlupakan oleh pemakai sehingga ketika diperlukan perbaikan, memakan biaya yang cukup tinggi.

Sementara yang bermesin bensin pemakaian bahan bakarnya relatif lebih tinggi. Kerap kali kita “menipu” diri sendiri dengan perhitungan memakai bensin Premium sehingga terkesan lebih rendah biayanya, padahal jika kita cermati spesifikasi mesin, belum tentu Premium yang beroktan 87 mumpuni untuk mesin, meski kita berkilah bahwa mesin tidak ngelitik.

Perlu dimengerti bahwa mesin baru dan dilengkapi komputer yang mengatur kinerja mesin mencoba untuk ‘'bertahan". Namun, hal ini ada batasnya.

Untuk mesin diesel, kualitas bahan bakar yang tidak mumpuni bisa terlihat dari asap hitam yang keluar sedikit di knalpot waktu awai menginjak pedal gas. Hal ini perlu diperhatikan dengan kalibrasi dan penggantian filter solar, kalau perlu hingga kuras tangki bahan bakar. | Kompas 8 September 2011