Macam Jenis Surat

Macam Surat atau Jenis Surat sebagaimana surat itu sendiri ditulis dengan berbagai sarana kertas surat. Sarana-sarana kertas surat tersebut merupakan wujud surat. Surat-surat tersebut dapat berwujud seperti:

1.    Kartu Pos

Kartu Pos adalah bentuk surat terbuka, untuk mewartakan berita-berita pendek dan praktis. Terbuat dari kertas yang agak tebal, BC ataupun manila karton berukuran 10 x 15 cm. Kartu Pos yang dikeluarkan oleh PN. Postel disebut kartu Pos resmi yang dapat dengan mudah dibeli di setiap kantor Pos. Namun beberapa perusahaan atau kantor juga mencetak sendiri kartu Posnya dengan memakai kop surat kantor yang bersangkutan. Pada kartu Pos tentulah kita tidak dapat berbicara panjang lebar apalagi yang bersifat rahasia seperti pada surat tertutup. Kartu Pos terdiri dari dua muka :

a.    Muka pertama tempat alamat pengirim sebelah kiri dan alamat yang dikirim sebelah kanan.

b.    Muka lain (di baliknya) adalah tempat berita atau isi surat.

Kartu Pos dapat digunakan untuk keperluan niaga di samping keperluan pribadi. Untuk keperluan surat niaga umumnya orang menggunakan Kartu Pos sebagai surat pesanan/penawaran yang singkat.

2.    Warkat Pos

Warkat Pos juga dijual di kantor Pos dan dikeluarkan oleh PN Postel; terdiri dari dua muka, seperti amplop yaitu tempat menulis alamat sipengirim dan yang dikirim. Warkat Pos ini berwujud selembar kertas dengan lidah-lidah untuk menempelkan lem. Ukuran setelah dilipat atau setelah ditutup adalah 8x12 cm. Setelah dilipat terlihat seperti amplop. Ada dua macam Warkat Pos, yaitu Warkat Pos biasa dan Warkat Pos kilat.

Surat Bersampul

Yang dimaksud surat bersampul adalah surat yang memakai amplop, tertutup tempat menulis surafnya dan dapat memuat berita yang cu-kup panjang. Di samping kelihatan lebih sopan, dengan surat bersampul tersebut berita di dalamnya lebih terjamin kerahasiaannya (tidak mudah diketahui orang).

Memorandum dan Nota

Memorandum dan nota digunakan untuk surat menyurat interen kantor yang biasanya digunakan untuk meminta atau memberikan informasi (nota) yang sifatnya mengingatkan.

Telegram

Telegram adalah surat atau berita yang pengirimannya disalurkan melalui pesawat morse, teleks atau teleprinter.

Surat Kawat

Surat Kawat adalah surat yang ditulis dengan gayabahasa telegram dan umumnya dipergunakan untuk Ucapan Selamat dan sejenisnya.

Surat Pengantar

Surat pengantar (letter of transmittal) biasanya mempunyai bentuk serta susunan yang telah dicetak dan umumnya berupa formulir isian. Di sini telah tersedia kolom-kolom yang siap diisi. Selain itu terdapat juga apa yang disebut Surat Keputusan yang biasa disingkat dengan SK (berisi tentang konsideran, disideratum, dan diktum).

Bermacam-macam tujuan orang menulis dan mengirim surat. Ada yang bertujuan untuk niaga atau dagang dan ada pula yang hanya bertujuan untuk menyampaikan berita yang sifatnya pribadi (kekeluargaan dan pernyataan rasa sayang).

Secara ringkas bisa kita sebutkan tujuan surat adalah :

1.    Sebagai pemberitahuan.

2.    Sebagai surat perintah.

3.    Sebagai permohonan/permintaan.

4.    Surat susulan.

5.    Surat peringatan/teguran.

6.    Surat panggilan.

7.    Surat pengantar.

8.    Surat keputusan

9.    Surat perjanjian

10.    Surat laporan

11.    Surat dagang :

-    Surat permin taan penawaran

-    Surat penawaran

-    Surat pesanan

-    Surat tagihan

-    Surat klaim, dan lain-lain.
Demikian tadi macam-macam surat atau jenis-jenis surat.