Fungsi Surat

Fungsi surat yang aktif dalam kehidupan masyarakat sehari-hari adalah:

a. Sebagai wakil atau duta dari sipenulis atau sipengirim surat.

Di sini peran surat sebagai pembawa misi dan pesan-pesan yang mewakili sipenulisnya. Dengan demikian surat dapat menghemat pemakaian tenaga manusia, menghemat ongkos atau biaya. Karena sifatnya sebagai duta atau wakil, maka surat harus ditulis dengan teliti, praktis, sistematis dan seobyektif mungkin. Maksud dan tujuan surat tersebut harus jelas, sopan serta menarik. Oleh sebab itu sebaiknya surat dikonsep/ditulis oleh orang yang berpengetahuan luas da-lam bahasa tulis, menguasai permasalahan yang hendak ditulis dan memiliki pengetahuan tentang surat menyurat (korespondensi dan administrasi).

b.    Karena surat merupakan alat komunikasi tertulis, ia juga dapat dija dikan sebagai bahan bukti hitam diatas putih yang mempunyai kekuatan hukum seperti: Kuitansi, bukti tanda terima, faktur, surat perjanjian dan lain-lain yang dapat dijadikan bahan bukti sebagaimana yang biasa dilakukan dalam dunia bisnis (perniagaan).

c.    Referensi dalam merencanakan atau menindaklanjuti suatu ak-tifitas.

Surat-surat yang diarsipkan merupakan sumber data yang diperlukan dalam perencanaan dan penindaklanjutan suatu aktivitas atau program. Berdasarkan pengalaman-pengalaman masa lalu, sebuah orgamsasi atau badan usaha dapat bertindak lebih lanjut dan tidak kehilangan arah dengan adanya surat-menyurat dan kearsipan serta data-data.

d.    Alat pengingat.

Sesuatu yang terlupakan dalam kegiatan masa lalu dapat dilihat dan ditinjau kembali.

e.    Alat untuk memperpendek jarak, penghemat tenaga/waktu

Sesuatu yang harus dikunjungi bila tidak begitu penting dapat dihubungi dengan memakai surat saja.

f.    Bukti sejarah dan kegiatan suatu organisasi atau badan usaha.
g.    Jaminan keamanan,
misalnya surat jalan.
h.    Alat promosi pihak pengirim (dalam surat menyurat bisnis) Biasanya promosi ini dilakukan dengan logo/kop surat yang tertera di sampul luar ataupun lembaran isi pada surat yang dikirimkan.