Rumah Tipe 60


Salah satu luasan yang berada di atas tipe 45 dan lima puluhan( Tipe 54) adalah tipe 60 . pada tipe rumah ini , cukup banyak kebutuhan ruang yang bisa dimasukan. Meskipun demikian , anda tetap harus memperhatiakan pola tatanan ruang dan sirkulasi bdalam bangunan tersebut. Pola tatanan ruang dan pengaturan sirkulasi yang buruk akan berkesan sumpek dan tidak nyaman karena terjadi benturan ( crossing) yang terjadi antara sesama pengguna ruang.
Hal itu tetap berlaku pada tanah dengan luas berapa pun. Apabila anda mempunyai site yang terletak ditepi peersimpangan jalan ( (mempuyai dua muka) maka akan semakin menambah nilai estetis bangunan anda. Disamping itu, anda bisa leluasa mengekspos bentuk ( fasad) bangunan dengan memanfaatkan dua sisi bangunan rumah tipe 60 dalam penataan ruang – ruang di dalamnya serta membuat jalan masuk melalui dua sisi pula. Bila ditinjau dari segi kesehatan dan kenyamanan, membuat bangunan yang mempunyai dua muka akan memperbesar kemungkinan masuknya cahaya secara langsung ( sinar matahari ) serta memperbesar luas ventilasi melalui pembukaan ruang pada bangunan tersebut.
Hal ini akan menambah kanyamanan dan kesejukan rumah Anda. Untuk melindungi jatunhnya sinar matahari secara langsung pada jam – jam tertentu yang tifdak dibiutuhkan, anda bisa menggunakan sejenis pelondung seperti kanopi( sudah dibahas di depan) yang dipasang diatas jendela. Pemakaian kanopi juga bisa dipakai untuk memperindah penampilan bangunan. Selain itu, anda bisa memannfaatkan potensi site untuk mempertegas orientasi bangunan pada arah persimpangan tersebut melalui bentuk ( fasad) dan tatanan ruang rumah tipe 60 didalamnya.