Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 memang termasuk dalam kategori bangunan yang kecil, akan tetapi sudah lebih longer penataan ruangnya bila dibanding dengan tipe dibawahnya seperti tipe dibawahnya seperti tipe 36. Dengan  menempatkan dua ruang tidur ( ruang tidur utama dan ruang tidur anak ) di sekeliling ruang keluarga dan ruang makan, akan diperoleh kesatuan tanaman tatanan ruang yang terpadu dan harmonis serta berkesan longgar.
Pada satu sisi, rumah tipe 45 memang tidak terlalu besar. Namun pada sisi lain, anda bisa mendapatkan suasana keakraban yang lebih dalam karena setaiap saat semua anggota keluaragabisa berkumpul di ruang makan dan ruang keluarga dengan santai sehingga menjadi dekat satu dengan yang lain. Sewlain itu , untruk membuat kesan lebih longer pada rumah tipe ini, jangan menggunakan sekat permanen atau ruang tamu dengan ruang keluarga dan ruang makan, melainkan sekat yang bisa digeser ( semipermanen) sepeti lemari dan buffet. Dengan demikian, apabila dioperlukan ruangan yang luas untuk acara tertentu, sekat tersebut bisa dipindahkannya ke tempat lain.
Untuk meletakan pintu masuk ke dalam bangunan ( main entrance ), anda bisa menempatkan pintu ruang tamu pada tempatnya yang mudah dijangkau dari segala arah ( aksesibitas mudah ) sehingga tidak hanya anggota keluarga anda anda yang bisa masuk dengan mudah dan nyaman, akan tetapi juga orang yang sedang datang berkunung pada rumah tipe 45 anda.