Pengertian WWW

Pengertian www dapat kita telusuri dari kepanjangan www itu sendiri. WWW merupakan singkatan dari world wide web. Jadi singkatan www berasal dari kata world wide web. Dan karena karena pengertian www ini cukup penting, maka kali ini kita akan membahas mengenai pengertian WWW atau yang oleh sebagian orang mungkin disebut sebagai ‘web’ saja.
Www adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi. Informasi di dalam hypertext ini meliputi tulisan, gambar, suara, video, dan informasi lainnya. Sebuah sistem www dapat diakses melalui sebuah alat atau perangkat yang disebut web browser.  Web browser akan membaca informasi dalam dokumen hypertext ini kemudian menterjemahkan bahasa hypertext kedalam informasi yang dapat dipahami oleh manusi. Menurut sebuah sumber yang saya dapatkan, sebuah web broweser membaca dokumen tersebut melalui protokol yang sering disebut HTTP atau Hypertext Transfer Protokol.
Saat ini tersedia berbagai macam software web browser yang dapat kita gunakan. Kesemua software tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa web browser yang paling terkenal saat ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dan lain sebagainya. Penjelasan mengenai browser ini sudah kita bahsa pada artikel sebelumnya.
Dokumen hypertext dalam world wide web mempunyai salah satu ciri yang cukup terkenal. Ciri tersebut adalah keberadaan link atau sambungan antara satu dokumen hypertext dengan yang lainnya. Dengan adanya link antar dokumen hypertext, maka hal tersebut dapat memudahkan user / kita / manusia untuk mengunjungi atau mendapatkan dokumen-dokumen terkait. Ketika anda membaca artikel ini pun, anda bisa menemukan berbagai macam link yang terdapat pada halaman ini saja.
Dengan semakin banyaknya situs internet yang dapat diakses melalui browser dengan format http dan di ikuti dengan www , dan alamat url web yang hendak diakses, kini umat manusia bisa mempunyai milyaran halaman www yang ada di internet. Belakangan muncul berbagai macam situs pencari atau search engine. Google, bing, dan yahoo.com adalah contoh sarana yang dapat mempermudah pengguna internet untuk mencari berbagai dokumen yang tersedia melalui jutaan web di sebuah jaringan internet global.
Pengertian www tersebut mau tidak mau juga terkait dengan kepanjangan arti world wide web itu sendiri. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia itu menjadi ‘jaringan dunia raya’. Jadi dalam bahasa indonesia kurang lebihnya pengertian www adalah jaringan dunia raya.