Pengertian Monitor

Pengertian Monitor adalah hardware komputer yang digunakan sebagai penampilan output video dari sebuah komputer. Keberadaan monitor tidak dapat dipisahkan dari komputer itu sendiri, karena tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa kehadiran monitor.

Cara kerja Monitor

Cara kerja monitor bisa dipelajari dari 2 kabel yangberada dibelakangnya;
1.Kabel power / daya
2.Kabel sinyal / data
Sewaktu monitor digunakan maka kabel power dihubungkan kealiran listrik sedangkan kabel sinyal dihubungkan ke display adapter/kartuVGA yang berada di CPU. Monitor mendapatkan input dari Card Adapterdalam format RGB dan sebuah sinyal kontrol

Fungsi Monitor

Fungsi monitor secara umum adalah mengubah sinyal video dari PC yang masih berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang selanjutnya melalui beberapa proses sampai akhirnya dapat di tampilkan di layar monitor dan dapat kita lihat.
Fungsi monitor baik monitor CRT maupun monitor LCD adalah sama saja, yang membedakan adalah teknologi yang di terapkan pada kedua monitor tersebut. Monitor CRT masih menggunakan komponen-komponen yang cukup besar dan tabung kaca sebagai media penampil gambar.

Jenis-Jenis Monitor

1. Monitor tabung / Catoda Ray Tube (CRT)
Monitor CRT adalah monitor yang berukuran besar seperti televisi, monitor jenis ini menggunakan tabung gelas yang layarnya berbentuk cembung, selain layar cembung monitor CRT ada juga yang berlayar datar (flat). Monitor ini bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju mundur dibalik layar.
2. Monitor Liquid Crystal Display (LCD)
Monitor LCD banyak ditemukan pada jam digital dan layar laptop atau handphone. LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang berada di tengahnya. Saat arus listrik mengalir dan melalui cairan kristal, kristal itu bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh karena itu, kristal berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk atau diblokir. Monitor LCD memiliki bentuk yang ramping, ringan, dan tipis sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakannya dibanding monitor CRT. Selain itu monitor LCD mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan monitor CRT.
3. Monitor TFT LCD
4. Plasma Display Panel (PDP)
Lebar layar penampil PDP bisa mencapai 60 inchi tetapi ketebalannya hanya beberapa inchi saja (tipis). Hal ini memungkinnya dapat digantung pada dinding. Beratnya jauh lebih ringan dari monitor tabung.
5. Electroluminescent Display (EL)
Teknologi EL hampir sama dengan teknologi LCD yang menggunakan electron berbentuk row dan kolom. Monitor ini adalah yang paling tipis diantara semua monitor plat panel, tetapi sangat sulit membuatnya dan harganyapun mahal.
6. Field Emission Display (FED)
Monitor ini sepertinya terdiri dari ribuan CRT yang disusun dalam grid, dan setiap fixelnya terdiri dari satu CRT.

Jenis Monitor Berdasarkan pengiriman signal data

Berdasarkan pengiriman signal data monitor dibedakan menjadi 3 yaitu :
a. Monitor Analog
Pengertian dari analog berarti sinyal-sinyal yang masuk pada monitor adalah berupa arus yang dapat berisi sembarang nilai antara sinyal maksimal dan minimum.
b. Monitor Digital
Monitor digital adalah monitor yang menggunakan sinyal digital dalam pengiriman datanya yaitu menggunakan logika 1 dan 0 (data digital). Monitor digital biasanya mempunyai ciri seluruh pengaturannya gambar manualnya menggunakan saklar tekan.
c. Monitor Multi Scanning
Monitor multi scanning adalah monitor yang dapat menerima dua bentuk sinyal (data) baik digital maupun analog. Hebatnya monitor ini ini dapat menggabungkan dua kegunaan yang dimiliki monitor analog dan digital sehingga sanggup dipasngkan video card yang bermacam-macam.
Jadi fungsi monitor adalah untuk memvisualisasikan program dan data yang ada pada komptuer sehingga kita dapat berinteraksi dengan komputer. Perkembangan monitor memegang peranan penting dalam pertumbuhan pasar komputer. Jadi dengan demikian anda sudah membaca pengertian monitor.