Pengertian Software

Pengertian software dapat kita kaji pertama-tama dari nama lain dari software itu sendiri. Software disebut juga dengan sebutan perangkat lunak. Sifatnya berbeda dengan hardware atau perangkat keras. Apabila perangkat keras atau hardware adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Hal ini karena software memang tidaks tampak secara fisik dan tidak berwujud benda. Namun begitu, keberadaan software sangat penting bagi sebuah komputer.
Pengertian Software secara umum adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Jadi, melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dijalankan. Ada pula yang mengandaikan sebuah software sebagai jiwa dari komputer. Tanpa jiwa, atau software, komputer praktis tidak bisa melakukan apa-apa.
Software adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan perangkat terkait. Ada pula yang menganggap bahwa software adalah bagian variabel dari sebuah komputer dan perangkat keras bagian invariabel. Software sering dibagi menjadi perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. Software aplikasi adalah program yang melakukan pekerjaan secara langsung oleh pengguna. Sedangkan sistem operasi,termasuk sistem operasi dan program yang mendukung aplikasi perangkat lunak.
Software dapat diperoleh dalam berbagai bentuk distribusi. Misalnya
  1. Shareware, yakni software yang biasanya ditujukan untuk dijual setelah masa percobaan.
  2. Lliteware yakni shareware dengan beberapa kemampuan dinonaktifkan.
  3. Freeware, yakni software gratis perangkat lunak namun dengan pembatasan hak cipta
  4. Perangkat lunak public domain, yakni software(gratis tanpa pembatasandan terbuka sourcenya. Artinya kode sumber dari software tersebut disertakan.
Dewasa ini banyak orang mendapatkan software melalui download via Internet. Sebuah tren baru adalah perangkat lunak yang dibuat tersedia untuk digunakan di situs lain yang dikenal sebagai penyedia layanan aplikasi. Dan diharapkan mulai sekarang anda sudah paham arti dari pengertian software.