Arti definisi


Beberapa saat yang lalu saya mendapat semacam pertanyaan secara tidak langsung mengenai arti definisi. Ada semacam kebingungan yang menyelimuti diri ketika pertanyaan ini muncul (halah, bahasanya didramatisir).
Arti definisi?” pikir saya. “apa maksudnya?”
Oh barangkali maksud dari pertanyaan tersebut adalah apa arti dari definisi. Untuk menjawabnya, barangkali kita perlu merujuk kepada kamus dari bahasa yang kita gunakan yakni kamus besar bahasa Indonesia alias KBBI. Di dalam KBBI, dijelaskan bahwa definisi adalah kata atau frasa atau kalimat yang mengungkap makna, keterangan, atau cirri utama dari orang, benda, proses atau aktivitas. Atau bias pula bermakna batasan (arti).
Nah dari sini mungkin anda bisa paham mengapa di awal tadi saya agak kebingungan ketika ada pertanyaan arti definisi. Karena bagi saya, definisi adalah arti itu sendiri. Ini sama seperti ketika ada seseorang yang menanyakan kepada saya, “mas apa arti apa?” Ribet banget bukan untuk menjawabnya? Tapi Alhamdulillah ada KBBI yang bisa menjadi rujukan.
Tapi tunggu dulu, jika anda sudah cukup puas dengan penjelasan diatas, nampaknya KBBI belum puas untuk menjelaskan kepada anda J di bagian berikutnya masih ada penjelasan lebih lanjut. Di penjelasan berikutnya ini tertulis arti definisi sebagai; rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.
Nah sampai disini saya berharap informasi diatas bisa lebih membuat anda lebih paham mengenai apa arti definisi itu. Minimal, saya berharap informasi diatas tidak membuat anda makin bingung akan arti definisi.