Arti WWW

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan internet, semakin banyak pula interaksi yang bersifat teknis. Salah satu hal teknis yang berhubungan dengan internet adalah istilah ‘www’ yang sering digunakan ketika mengetikkan sebuah alamat situs. Beberapa orang mungkin abai terhadap arti www ini. Namun tidak menutup kemungkinan sebagian lainnya justru penasaran tentang apa arti www. Barangkali ini dikarenakan pandangan masyarakat bahwa sebuah situs itu selalu diawali dengan www dan diakhiri dengan dot com.
Meskipun pandangan ini cukup menarik untuk kita kaji, namun saat ini kita akan lebih berfokus pada apa arti www itu sendiri. www adalah kependekan atau singkatan dari world wide web. Atau jika diterjemahkan seacara kasar menjadi berikut ini:
World: dunia
Wide: luas / raya
Web: jaringan
Dan karena bahasa inggris memiliki pola yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia, kita perlu mengutak – atik terjemahan tersebut. Sebelum membahas arti www lebih jauh, kita akan menyinggung soal ‘pola yang sedikit berbeda’ dalam bahasa inggris ini. Yang saya maksud adalah sebagai berikut;
Ketika ada frasa dalam bahasa inggris yang berbunyi seperti ini: ‘red apple’ jika kita terjemahkan maka artinya menjadi ‘apel merah’ bukan ‘merah apel’ padahal jika diurutkan seharusnya artinya menjadi ‘merah apel’. Namun begitulah pola bahasa inggris, ada keterbalikan tertentu dalam jalinan kata-katanya.
Sehingga ketika kita menerjemahkan arti www yang paling cocok dengan nalar kita adalah jaringan dunia raya, bukan ‘dunia raya jaringan’. Sehingga beberapa orang bahkan berpendapat bahwa arti www secara tidak langsung adalah internet itu sendiri.