Pengertian Properti

Pengertian properti atau definisi properti adalah arta berupa tanah dan bangunan serta sarana dan prasaranan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tanah dan/atau bangunan yang dimaksudkan. Beberapa artikel dan buku mungkin juga medefinisikan properti sebagai hak untuk memiliki sebidang tanah dan memanfaatkan apa saja yang ada didalamnya sehingga menjadi sebuah asset.
Secara ekonomis, sebuah asset dapat menguntungkan atau merugikan, tergantung cara pemilik mengelolanya. Pada esensinya, properti adalah hak untuk memiliki sebidang tanah dan memanfaatkan apa saja yang ada didalamnya. Sebagai salah satu  bentuk aset, properti tentu mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terjadi dipenjuru dunia. Sehingga pembahasan properti tidak hanya terbatas pada objek properti yang berupa tanah dan bangunan, namun juga mencakup aspek legal, kenotariatan, bahkan sisi bisnis dari properti itu sendiri. Karena seperti yang kita ketahui, properti adalah salah satu bentuk asset investasi yang trend harganya selalu naik dari tahun ke tahun. Jadi jika anda memiliki "dana menganggur" yang cukup banyak, tentu akan lebih aman jika disimpan dalam bentuk properti daripada dalam bentuk tabungan ataupun deposito.
Jika kita kembali ke pembahasan mengenai definisi properti atau pengertian properti, kita mungkin akan menemukan berbagai hal yang akan kita bahas karena cakupan dari properti itu sendiri memang cukup luas dan mengasyikkan. Namun jika kita menginginkan definisi yang lebih singkat namun tetap mengacu pada kamus, kita akan menemukan bahwa definisi properti atau pengertian properti adalah tanah milik dan bangunan.