Gunting Kuku Bayi

Merawat kuku bayi adalah hal yang gampang gampang susah bagi orangtua. Mulai dari makanan, minuman, sampai dengan sisi kesehatan bayi harus diperhatikan. Terutama sisi kesehatan, hal yang perlu diperhatikan adalah kuku bayi.

Pipi maupun kulit bayi bisa memerah dengan kuku rapuh dan tipis yang dimiliki si bayi. Untuk itu, kita harus rutin untuk memotong kukunya. Menggunting kuku bayi tidaklah segampang menggunting kuku kita sendiri. Dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi dalam menggunakan gunting kuku bayi agar tidak salah mengenai kulit.

Silahkan simak tentang cara menggunting serta jenis gunting kuku bayi yang aman dibawah ini.

Gunting Kuku bayi khusus
Gunting kuku bayi biasanya melengkung sehingga memudahkan ibu untuk menggunting kuku. Jangan menggunakan gunting kuku biasa yang sering kita gunakan karena kuku bayi masih rapuh dan rawan untuk rusak.

Membersihkan kuku bayi
Sebelum mulai menggunting, kita dapat membersihkan kotoran-kotoran yang ada didalam kuku. Jika merasa kesulitan karena terlalu kecil, anda bisa menggunakan air untuk membilas tangan agar bersih.

Waktu yang tepat menggunting kuku bayi
Kuku menjadi lunak karena terkena air setelah bayi dimandikan. Hal itu bisa kita manfaatkan agar dapat menggunting kuku lebih mudah. Waktu lain yang tepat adalah saat bayi sedang tidur. Kita dapat bebas mengguntingnya karena bayi terlelap saat tidur.

Menghaluskan kuku bayi
Setelah memotong kuku, biasanya ada bagian-bagian tajam yang tersisa sehingga dapat menggores kulit. Karena itu, kita harus menghaluskannya dengan kikir khusus bayi seperti kebiasaan yang sering kita lakukan setelah memotong kuku.

Memotong kuku bayi dengan rutin
rentan waktu yang pas untuk memotong kuku bayi adalah 2 minggu. Sebagai perawatan kesehatan bayi, Alasan lainnya adalah karena kuku yang panjang akan sulit untuk dipotong sehingga kita perlu memotong kuku dengan gunting kuku bayi secara rutin.

Begitulah pengetahuan tentang merawat tangan si kecil dengan gunting kuku bayi. Anda bisa mendapatkan gunting kuku bayi yang bagus dengan membeli ke toko terdekat yang menyediakan perlengkapan bayi.