Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, suatu perusahaan baik yang bergerak di bidang manufaktur maupun jasa pelayanan tentu tidak hanya membutuhkan satu jenis surat bisnis saja, tetapi beragam. Terkait dengan hal tersebut, perusahaan harus memiliki template surat bisnis untuk setiap jenisnya seperti surat perjanjian
kerjasama, pemberitahuan, penawaran, dan lain sebagainya. Hal ini
dimaksudkan agar tugas-tugas yang berkaitan dengan urusan surat-menyurat
dalam perusahaan dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Mengapa
bisa demikian? Dengan adanya template surat bisnis, bagian yang
mengurusi surat-menyurat dalam perusahaan tidak perlu membuat format
baru, tetapi cukup menggunakan format yang sudah ada.
Template merupakan format dasar yang di dalamnya telah
tercakup berbagai unsur seperti ukuran kertas, margin, orientasi, jarak
spasi, style teks, jenis, ukuran, dan warna font, penomoran, kop surat,
dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengatur
ukuran kertas
dan margin, memilih style teks dan lain sebagainya, tetapi Anda hanya
cukup menyesuaikan isi surat termasuk nama dan alamat tujuan dalam membuat template.
Membuat Cover
Adakalanya sebuat surat bisnis atau surat formal lainnya, tidak hanya membutuhkan amplop sebagai kemasan akhirnya. Misalnya saja seperti proposal bisnis atau perjanjian kerjasama, yang terkadang kita temui memiliki cover page atau halaman sampul sebagai pembukanya. Desain sampul yang menarik namun tetap profesional, tentunya dapat menambah poin lebih terhadap kredibilitas perusahaan, bisnis ataupun organisasi Anda.
Untuk mendesain halaman sampul surat bisnis, bisa Anda lakukan dalam Word 2007 yang juga memiliki kemampuan yang tak kalah dengan software desain grafis atau page layout. Caranya pun lebih mudah karena tidak terlalu banyak tool yang terlibat. Bahkan Word 2007 menyediakan berbagai desain cover page yang tersedia dalam galerinya dan dengan mudah bisa Anda aplikasikan sebagai desain sampul surat bisnis.
7.1 Membuat Cover dari Koleksi Word 2007
Jika Anda telah menggunakan aplikasi Word 2007, proses pembuatan cover dokumen atau sampul dokumen bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan, karena aplikasi ini telah menyediakan fasilitas untuk membuat cover. Nantinya Anda bisa mencetak desain tersebut pada kertas berwarna atau bertekstur sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Dengan fasilitas membuat cover di MS Word ini.
Untuk mendesain halaman sampul surat bisnis, bisa Anda lakukan dalam Word 2007 yang juga memiliki kemampuan yang tak kalah dengan software desain grafis atau page layout. Caranya pun lebih mudah karena tidak terlalu banyak tool yang terlibat. Bahkan Word 2007 menyediakan berbagai desain cover page yang tersedia dalam galerinya dan dengan mudah bisa Anda aplikasikan sebagai desain sampul surat bisnis.
7.1 Membuat Cover dari Koleksi Word 2007
Jika Anda telah menggunakan aplikasi Word 2007, proses pembuatan cover dokumen atau sampul dokumen bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan, karena aplikasi ini telah menyediakan fasilitas untuk membuat cover. Nantinya Anda bisa mencetak desain tersebut pada kertas berwarna atau bertekstur sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Dengan fasilitas membuat cover di MS Word ini.
Pengertian Reader's Response atau Respons Pembaca
Reader’s Response atau respons pembaca adalah suatu pendekatan model pembelajaran sastra yang dipelopori oleh Louise Rosenblatt. Respons pembaca merupakan sebuah teori yang memberikan penghargaan yang tinggi kepada pembaca. Teori ini menekankan bahwa fokus utama pengajaran sastra
seharusnya lebih pada diri pembaca dan proses membacanya, dibandingkan
pada pengarang dan teksnya. Sastra baru bermakna ketika ia dibaca, dan
makna itu sendiri muncul ketika terjadi transaksi dialogis antara
pembaca dan teks, transaksi ini lebih mengacu pada latar belakang si
pembaca dibanding makna simbol-simbol yang ada dalam teks. Teks itu baru
bermakna jika itu “dibawa” ke dalam pikiran pembaca.
Pengertian Novel, definisi novel
Pengertian Novel atau definisi novel
adalah suatu cerita fiktif dalam panjang tertentu, yang melukiskan para
tokoh, gerak, serta adegan kehidupan nyata yang representatif dalam
suatu alur atau suatu keadaan yang agak kacau atau kusut. Novel adalah
suatu karya sastra yang di dalamnya menyajikan tidak-tanduk manusia
sebagaimana layaknya dalam kehidupan nyata. Dalam penelitian ini, novel yang akan dikaji oleh mahasiswa, adalah novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Novel tersebut, merupakan salah satu karya HAMKA yang paling populer. Demikian tadi Pengertian Novel atau definisi novel.
Gosip Bisnis, Bisnis Gosip
Gosip Bisnis, tahu gosip kan? Pagi sampai ke 1 (satu) orang, sore hari satu kampung sudah menyebar. Promosi
tercepat selain brosur dan spanduk, memang gosip. Tidak semua gosip
berdekatan dengan hal yang negatif, gosip juga bisa kita manfaatkan
untuk menyebarkan bisnis/ usaha kita, tapi hati-hati. ..yang kita sebarkan tentunya gosip yang baik.
Mengapa gosip menjadi penting? Ternyata, kepuasan pelanggan memberikan dampak yang luar biasa untuk masa depan usaha . Biasanya, jika pelanggan tidak puas dengan produk atau jasa yang kita berikan, maka mereka akan bercerita ke 8 - 14 orang, namun jika pelanggan puas, mereka hanya bercerita ke 2 - 4 orang saja.
Disadari atau tidak, kebanyakan dari kita membeli barang atau jasa dikarenakan mendapat informasi dari orang lain. Pilihan kita saat menentukan akan makan di restoran mana, juga karena ’’gosip” dari seseorang yang pernah mencoba restoran tersebut bukan?
Intinya bagaimana agar usaha kita itu, baik menjual barang atau menawarkan jasa, bisa menjadi gosip (pembicaraan) positif, sehingga kita tidak perlu biaya lebih untuk mempromosikan usaha kita?
Mengapa gosip menjadi penting? Ternyata, kepuasan pelanggan memberikan dampak yang luar biasa untuk masa depan usaha . Biasanya, jika pelanggan tidak puas dengan produk atau jasa yang kita berikan, maka mereka akan bercerita ke 8 - 14 orang, namun jika pelanggan puas, mereka hanya bercerita ke 2 - 4 orang saja.
Disadari atau tidak, kebanyakan dari kita membeli barang atau jasa dikarenakan mendapat informasi dari orang lain. Pilihan kita saat menentukan akan makan di restoran mana, juga karena ’’gosip” dari seseorang yang pernah mencoba restoran tersebut bukan?
Intinya bagaimana agar usaha kita itu, baik menjual barang atau menawarkan jasa, bisa menjadi gosip (pembicaraan) positif, sehingga kita tidak perlu biaya lebih untuk mempromosikan usaha kita?
Daftar Harga Souvenir Pernikahan
Bagi anda yang mencari daftar harga souvenir pernikahan atau ingin mendownload harga souvenir kabar baiknya adalah saya menemukan sebuah daftar harga souvenir dari sebuah toko souvenir online terkenal yang bernama dani-craft. Toko yang menyediakan fasilitas gratis ukiran nama, kemasan dan ongkos peti ini merupakan salah satu produsen souvenir pernikahan yang paling recomended. Eniwei, selamat mendownload daftar harga souvenir pernikahan.
Usaha Warung Soto
Djoko Santoso, bapak dari 2 orang putra ini adalah pemilik warung soto khas Semarang di kota Kutarjo. Sebelum terjun di usaha soto, ia dulunya adalah seorang kuli bangunan. Berkat ketekunan dan kedisiplinannya dalam menjalankan usaha, kini warung sotonya dikenal masyarakat dengan sebutan "Soto Pak Toso", kata "Toso" diambil dari nama belakangnya yaitu "Santoso".
Usaha soto kulinernya diawali dengan berjualan soto keliling dengan menggunakan gerobak dorong di sekitar kota Kutoarjo. Santoso menjalani jualan keliling selama hampir 10 tahun. Nah dari jualan kelilingnya inilah muncul sebutan "Soto Pak Toso" untuk usahanya. Dari saran seorang pelanggan, Santoso kemudian jualan dengan usaha soto mangkal dengan menggunakan tenda.
Warung Soto Pak Toso kini sudah berkembang besar dengan mempekerjakan 5 orang karyawan dengan omzet 600 ribu rupiah perhari diluar pesanan untuk meeting, pernikahan dan lain - lain yang kadang mencapai 800 porsi sehari. Untuk bisa seperti saat ini, Santoso mempunyai beberapa kiat-kiat usaha, antara lain :
1. Berpromosi melalui berbagai media
2. Mempertahankan mutu dan cita rasa masakan
3. Memberikan pelayanan terbaik untuk semua 'pelanggannya
4. Disiplin mengatur keuangan
Demikian tadi tips usaha warung soto.
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri
Sebelumnya kami mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin”
kepada Bapak/ Ibu pembaca setia warta program yang merayakannya. Pada
momen spesial ini, kami ingin membuat sebuah pernyataan tekaa yang
sangat kuat untuk memperbaiki diri agar tidak mengulang kesalahan yang
lalu dan memulai kembali hubungan yang lebih baik di masa depan.
Kami berharap Bapak/ Ibu juga dapat menjadikan momen selamat hari idul fitri ini untuk memperbaiki kesalahan yang lalu dan memulai kembali hubungan yang lebih baik dengan para pelanggan sehingga usaha yang dijalankan dapat terus tumbuh. Membina kembali hubungan baik dengan menjaga perasaan aman dan nyaman dari pelanggan saat berbelanja di toko Bapak/ Ibu, ternyata bisa dimulai melalui sebuah cara sedernana seperti tips yang kami ketengahkan pada edisi kali ini.
Merupakan komitmen kami untuk terus memberikan tips bagi Bapak/ Ibu melalui berbagai pelatihan GRATIS yang secara rutin kami selenggarakan aisetiap kantor cabang usaha rakyat. Selain itu. kesempatan beriklan GRATIS di media ini juga terus kami buka. Ayo, manfaatkan bagi pengembangan usaha Bapak/ Ibu. Selamat hari raya idul fitri.
Kami berharap Bapak/ Ibu juga dapat menjadikan momen selamat hari idul fitri ini untuk memperbaiki kesalahan yang lalu dan memulai kembali hubungan yang lebih baik dengan para pelanggan sehingga usaha yang dijalankan dapat terus tumbuh. Membina kembali hubungan baik dengan menjaga perasaan aman dan nyaman dari pelanggan saat berbelanja di toko Bapak/ Ibu, ternyata bisa dimulai melalui sebuah cara sedernana seperti tips yang kami ketengahkan pada edisi kali ini.
Merupakan komitmen kami untuk terus memberikan tips bagi Bapak/ Ibu melalui berbagai pelatihan GRATIS yang secara rutin kami selenggarakan aisetiap kantor cabang usaha rakyat. Selain itu. kesempatan beriklan GRATIS di media ini juga terus kami buka. Ayo, manfaatkan bagi pengembangan usaha Bapak/ Ibu. Selamat hari raya idul fitri.
Cara memajang dagangan
Cara memajang dagangan sangat terkait jika kita
berjalan-jalan di tempat wisata atau pusat oleh-oleh, toko mana yang
akan disinggahi pertama kali ? Apakah toko dengan barang dagangan yang terlihat penuh atau toko yang memajang barang dagangannya dengan menarik ?
Pada umumnya kita akan memilih untuk singgah di toko yang barang dagangannya ditata menarik bukan ?
Dari kondisi diatas bisa disimpulkan bahwa pemajangan yang menarik bisa dipergunakan sebagai alat berpromosi. Sangat penting bagi para pelaku usaha mengetahui bagaimana cara pemajangan yang dapat menarik minat beli calon konsumen. Pada beberapa jenis usaha khususnya toko kelontong, teknik pemajangan akan menjadi hal yang sangat penting dan dapat mempengaruhi tingkat penjualan.
Kita bisa belajar dari pesaing besar seperti minimarket dalam pemajangan barang dagangan. Pernah mencoba berbelanja di salah satu minimarket ? Apa yang dirasakan saat berbelanja disana ?
Suasana sejuk, nyaman karena barang tertata rapi dan bersih, ditambah lagi kita bisa memilih dan mengambil barang yang kita mau (melayani sendiri) dengan mudah.
Pada edisi kali ini, akan kita bahas beberapa upaya sederhana dalam pemajangan barang dagangan untuk warung yang berukuran kecil.
Berikut beberapa langkah mudah dalam memajang barang dagangan di warung kelontong:
1. Ciptakan Rasa Aman
2. Ciptakan Kesan Bersih
3. Tidak semua barang dagangan yang dimiliki harus dipajang,
4. Kelompokkan barang sesuai tingkat keuntungan dan tingkat kecepatan laku
Ingat “kesan pertama begitu menggoda”, kata salah satu iklan. Nah, pemajangan yang’menarik diharapkan bisa menggoda calon pemb.eli untuk singgah di warung kita. Selamat mencoba cara memajang dagangan.
Pada umumnya kita akan memilih untuk singgah di toko yang barang dagangannya ditata menarik bukan ?
Dari kondisi diatas bisa disimpulkan bahwa pemajangan yang menarik bisa dipergunakan sebagai alat berpromosi. Sangat penting bagi para pelaku usaha mengetahui bagaimana cara pemajangan yang dapat menarik minat beli calon konsumen. Pada beberapa jenis usaha khususnya toko kelontong, teknik pemajangan akan menjadi hal yang sangat penting dan dapat mempengaruhi tingkat penjualan.
Kita bisa belajar dari pesaing besar seperti minimarket dalam pemajangan barang dagangan. Pernah mencoba berbelanja di salah satu minimarket ? Apa yang dirasakan saat berbelanja disana ?
Suasana sejuk, nyaman karena barang tertata rapi dan bersih, ditambah lagi kita bisa memilih dan mengambil barang yang kita mau (melayani sendiri) dengan mudah.
Pada edisi kali ini, akan kita bahas beberapa upaya sederhana dalam pemajangan barang dagangan untuk warung yang berukuran kecil.
Berikut beberapa langkah mudah dalam memajang barang dagangan di warung kelontong:
1. Ciptakan Rasa Aman
2. Ciptakan Kesan Bersih
3. Tidak semua barang dagangan yang dimiliki harus dipajang,
4. Kelompokkan barang sesuai tingkat keuntungan dan tingkat kecepatan laku
Ingat “kesan pertama begitu menggoda”, kata salah satu iklan. Nah, pemajangan yang’menarik diharapkan bisa menggoda calon pemb.eli untuk singgah di warung kita. Selamat mencoba cara memajang dagangan.
Contoh Daftar Isi
Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah contoh daftar isi yang cukup menarik. Daftar isi ini berasal dari buku tentang surat - menyurat. Jadi saya merasa ingin untuk melihatnya secara langsung.
berikut ini versi teks dari contoh daftar isi diatas.
Daftar Isi
Kata Pengantar.............................................................................v
Daftar Isi.....................................................................................vii
Bab 1 Menyiapkan Dokumen.................................................1
Bab 2 Menciptakan Style Surat Perjanjian Bisnis...................7
2.1 Membuat Style untuk Judul Surat Perjanjian.......7
2.2 Membuat Style untuk Pasal dalam Surat Perjanjian..........................................................13
2.3 Membuat Style Penomoran...............................19
2.3.1 Penomoran Jenjang Pertama.................19
2.3.2 Penomoran Jenjang Kedua....................23
2.4 Teks Isi Perjanjian.............................................27
Bab 3 Menambahkan Header, Footer, dan Penomoran
Halaman..................................................................29
3.1 Mengatur Margin Header dan Footer.................30
3.1.1 Pengaturan Jarak Header dan Footer pada Kertas...........................................32
3.2 Menambahkan Header......................................33
3.2.1 Mendesain Tampilan Header.................36
3.2.2 Menambahkan Kalender dalam Bentuk Content Control.....................................41
3.3 Menambahkan Footer.......................................45
3.3.1 Mendesain Tampilan Footer..................46
3.4 Penomoran Halaman.........................................51
3.4.1 Pengaturan Format Nomor Halaman.....53
3.4.2 Menambahkan Nomor Halaman............55
3.4.3 Mendesain Penomoran Halaman...........56
semoga contoh daftar isi diatas dapat berguna bagi anda.
Contoh Daftar Isi |
berikut ini versi teks dari contoh daftar isi diatas.
Daftar Isi
Kata Pengantar.............................................................................v
Daftar Isi.....................................................................................vii
Bab 1 Menyiapkan Dokumen.................................................1
Bab 2 Menciptakan Style Surat Perjanjian Bisnis...................7
2.1 Membuat Style untuk Judul Surat Perjanjian.......7
2.2 Membuat Style untuk Pasal dalam Surat Perjanjian..........................................................13
2.3 Membuat Style Penomoran...............................19
2.3.1 Penomoran Jenjang Pertama.................19
2.3.2 Penomoran Jenjang Kedua....................23
2.4 Teks Isi Perjanjian.............................................27
Bab 3 Menambahkan Header, Footer, dan Penomoran
Halaman..................................................................29
3.1 Mengatur Margin Header dan Footer.................30
3.1.1 Pengaturan Jarak Header dan Footer pada Kertas...........................................32
3.2 Menambahkan Header......................................33
3.2.1 Mendesain Tampilan Header.................36
3.2.2 Menambahkan Kalender dalam Bentuk Content Control.....................................41
3.3 Menambahkan Footer.......................................45
3.3.1 Mendesain Tampilan Footer..................46
3.4 Penomoran Halaman.........................................51
3.4.1 Pengaturan Format Nomor Halaman.....53
3.4.2 Menambahkan Nomor Halaman............55
3.4.3 Mendesain Penomoran Halaman...........56
semoga contoh daftar isi diatas dapat berguna bagi anda.
Cara mempelajari Buku
Untuk lebih memudahkan pemahaman cara mempelajari buku
ini maka setiap pembahasan materi selalu disertai kasus dan langkah
penyelesaiannya dengan ilustrasi gambar. Selain itu, untuk media
latihan, buku ini disertai dengan CD yang berisi file kasus dan jawaban
sebagai media untuk berlatih, yakni mulai dari Bab 3 sampai Bab 8.
Lembar kerja untuk latihan telah disediakan berupakan format khusus yang
diletakkan di sebelah lembar jawab kasus(lembar kerja
berikutnya) misalnya untuk lembar jawab KASUS1 lembar latihannya adalah
LATIH1, lembar jawab KASUS2 lembar latihannya adalah LATIH2 (tepat
dilembar kerja berikutnya), demikian seterusnya. Dengan media ini Anda
diharapkan dapat menyelesaikan kasus kemudian mencocokkan dengan jawaban
yang telah tersedia.
Jika dalam pembahasan kasus, suatu alamat sel tertentu tidak dijelaskan maka Anda dapat melihat bahasan sebelumnya. Sedangkan jika belum dibahas sebelumnya, hal itu berarti pengisian sel tersebut harus dilakukan secara manual atau mengacu pada alamat sel lain. Anda dapat melihat isi sel tersebut (termasuk isian sel lain) dengan meletakkan penunjuk sel (klik) pada alamat sel yang Anda cari. Dengan demikian Anda dapat melihat isi sel tersebut (diisi manual, mengacu pada alamat sel lain atau isian yang lainnya). Demikian tadi cara mempelajari buku.
Jika dalam pembahasan kasus, suatu alamat sel tertentu tidak dijelaskan maka Anda dapat melihat bahasan sebelumnya. Sedangkan jika belum dibahas sebelumnya, hal itu berarti pengisian sel tersebut harus dilakukan secara manual atau mengacu pada alamat sel lain. Anda dapat melihat isi sel tersebut (termasuk isian sel lain) dengan meletakkan penunjuk sel (klik) pada alamat sel yang Anda cari. Dengan demikian Anda dapat melihat isi sel tersebut (diisi manual, mengacu pada alamat sel lain atau isian yang lainnya). Demikian tadi cara mempelajari buku.
Tentang Mudik
Mudik adalah salah satu dari tradisi populer yang sudah mendarah-daging, apalagi sudah meresap sampai ke sumsum tulang, tak bakalan ciut nyali menantang kendala. Hujan-badai, banjir bandang, dan kemacetan, itu sih cemen. Toh yang sudah-sudah, semua itu bakalan reda. Hujan berhenti, banjir menyurut, kemacetan terurai, cepat atau Lambat.
Kalau tekad sudah bulat, tak ada yang sanggup mengalangi. Pokoknya, mudik. Mertua, tante, keponakan, tetangga boleh ikutan nebeng. Barang bawaan yang bisa diangkut, angkut. Berangkat pagi atau malam? Kapan saja. Pokoknya, pulang kampung. Rumah jadi kosong, bodo amat. Wah, emosi!
Gajah naik pesawat, gawat. Kalau sudah pakai “pokoknya-pokoknya”, perjalanan mudik bisa runyam. Paling tidak, kurang nyaman. Kepingin aman, nyaman, dan menyenangkan, jangan lewatkan tulisan “Manajemen Mudik Antirepot” di him. 24, Bukan mau jual kecap, sesuatu yang dimanajemeni dengan baik, diharapkan hasilnya pun akan baik. Kreativitas Anda diperlukan. Itu cuma’ garis besar dari sebuah mudik.
Kalau tekad sudah bulat, tak ada yang sanggup mengalangi. Pokoknya, mudik. Mertua, tante, keponakan, tetangga boleh ikutan nebeng. Barang bawaan yang bisa diangkut, angkut. Berangkat pagi atau malam? Kapan saja. Pokoknya, pulang kampung. Rumah jadi kosong, bodo amat. Wah, emosi!
Gajah naik pesawat, gawat. Kalau sudah pakai “pokoknya-pokoknya”, perjalanan mudik bisa runyam. Paling tidak, kurang nyaman. Kepingin aman, nyaman, dan menyenangkan, jangan lewatkan tulisan “Manajemen Mudik Antirepot” di him. 24, Bukan mau jual kecap, sesuatu yang dimanajemeni dengan baik, diharapkan hasilnya pun akan baik. Kreativitas Anda diperlukan. Itu cuma’ garis besar dari sebuah mudik.
Cara Menulis Surat
Cara Menulis Surat yang baik
Untuk menulis surat yang baik dibutuhkan :
1. Ilmu atau pengetahuan tentang surat menyurat dan administrasi.
2. Bahasa yang baik serta menguasai bahasa tulisan.
3. Menguasai permasalahan yang hendak ditulis atau dibicarakan .
4. Sopan santun
5. Isi yang lengkap (pesan yang lengkap dan jitu)
6. Obyektif
7. Praktis tidak bertele-tele
8. Sistematis dan mempergunakan kaidah-kaidah korespondensi yang berlaku umurn.
Namun untuk mengadakan komunikasi dengan surat tidaklah sesederhana yang kita perkirakan. Banyak persiapan yang diperlukan, misalnya bahan dan alat tulisnya, ide untuk merumuskan secara sistematis dan logis, mesin ketik/komputer, cara pengirimannya, penyimpanan arsip, tenaga manusia dan alat-alat kantor dalam cara menulis surat.
Untuk menulis surat yang baik dibutuhkan :
1. Ilmu atau pengetahuan tentang surat menyurat dan administrasi.
2. Bahasa yang baik serta menguasai bahasa tulisan.
3. Menguasai permasalahan yang hendak ditulis atau dibicarakan .
4. Sopan santun
5. Isi yang lengkap (pesan yang lengkap dan jitu)
6. Obyektif
7. Praktis tidak bertele-tele
8. Sistematis dan mempergunakan kaidah-kaidah korespondensi yang berlaku umurn.
Namun untuk mengadakan komunikasi dengan surat tidaklah sesederhana yang kita perkirakan. Banyak persiapan yang diperlukan, misalnya bahan dan alat tulisnya, ide untuk merumuskan secara sistematis dan logis, mesin ketik/komputer, cara pengirimannya, penyimpanan arsip, tenaga manusia dan alat-alat kantor dalam cara menulis surat.
Macam Jenis Surat
Macam Surat atau Jenis Surat
sebagaimana surat itu sendiri ditulis dengan berbagai sarana kertas
surat. Sarana-sarana kertas surat tersebut merupakan wujud surat.
Surat-surat tersebut dapat berwujud seperti:
1. Kartu Pos
Kartu Pos adalah bentuk surat terbuka, untuk mewartakan berita-berita pendek dan praktis. Terbuat dari kertas yang agak tebal, BC ataupun manila karton berukuran 10 x 15 cm. Kartu Pos yang dikeluarkan oleh PN. Postel disebut kartu Pos resmi yang dapat dengan mudah dibeli di setiap kantor Pos. Namun beberapa perusahaan atau kantor juga mencetak sendiri kartu Posnya dengan memakai kop surat kantor yang bersangkutan. Pada kartu Pos tentulah kita tidak dapat berbicara panjang lebar apalagi yang bersifat rahasia seperti pada surat tertutup. Kartu Pos terdiri dari dua muka :
a. Muka pertama tempat alamat pengirim sebelah kiri dan alamat yang dikirim sebelah kanan.
b. Muka lain (di baliknya) adalah tempat berita atau isi surat.
Kartu Pos dapat digunakan untuk keperluan niaga di samping keperluan pribadi. Untuk keperluan surat niaga umumnya orang menggunakan Kartu Pos sebagai surat pesanan/penawaran yang singkat.
2. Warkat Pos
Warkat Pos juga dijual di kantor Pos dan dikeluarkan oleh PN Postel; terdiri dari dua muka, seperti amplop yaitu tempat menulis alamat sipengirim dan yang dikirim. Warkat Pos ini berwujud selembar kertas dengan lidah-lidah untuk menempelkan lem. Ukuran setelah dilipat atau setelah ditutup adalah 8x12 cm. Setelah dilipat terlihat seperti amplop. Ada dua macam Warkat Pos, yaitu Warkat Pos biasa dan Warkat Pos kilat.
Surat Bersampul
Yang dimaksud surat bersampul adalah surat yang memakai amplop, tertutup tempat menulis surafnya dan dapat memuat berita yang cu-kup panjang. Di samping kelihatan lebih sopan, dengan surat bersampul tersebut berita di dalamnya lebih terjamin kerahasiaannya (tidak mudah diketahui orang).
Memorandum dan Nota
Memorandum dan nota digunakan untuk surat menyurat interen kantor yang biasanya digunakan untuk meminta atau memberikan informasi (nota) yang sifatnya mengingatkan.
Telegram
Telegram adalah surat atau berita yang pengirimannya disalurkan melalui pesawat morse, teleks atau teleprinter.
Surat Kawat
Surat Kawat adalah surat yang ditulis dengan gayabahasa telegram dan umumnya dipergunakan untuk Ucapan Selamat dan sejenisnya.
Surat Pengantar
Surat pengantar (letter of transmittal) biasanya mempunyai bentuk serta susunan yang telah dicetak dan umumnya berupa formulir isian. Di sini telah tersedia kolom-kolom yang siap diisi. Selain itu terdapat juga apa yang disebut Surat Keputusan yang biasa disingkat dengan SK (berisi tentang konsideran, disideratum, dan diktum).
Bermacam-macam tujuan orang menulis dan mengirim surat. Ada yang bertujuan untuk niaga atau dagang dan ada pula yang hanya bertujuan untuk menyampaikan berita yang sifatnya pribadi (kekeluargaan dan pernyataan rasa sayang).
Secara ringkas bisa kita sebutkan tujuan surat adalah :
1. Sebagai pemberitahuan.
2. Sebagai surat perintah.
3. Sebagai permohonan/permintaan.
4. Surat susulan.
5. Surat peringatan/teguran.
6. Surat panggilan.
7. Surat pengantar.
8. Surat keputusan
9. Surat perjanjian
10. Surat laporan
11. Surat dagang :
- Surat permin taan penawaran
- Surat penawaran
- Surat pesanan
- Surat tagihan
- Surat klaim, dan lain-lain.
Demikian tadi macam-macam surat atau jenis-jenis surat.
1. Kartu Pos
Kartu Pos adalah bentuk surat terbuka, untuk mewartakan berita-berita pendek dan praktis. Terbuat dari kertas yang agak tebal, BC ataupun manila karton berukuran 10 x 15 cm. Kartu Pos yang dikeluarkan oleh PN. Postel disebut kartu Pos resmi yang dapat dengan mudah dibeli di setiap kantor Pos. Namun beberapa perusahaan atau kantor juga mencetak sendiri kartu Posnya dengan memakai kop surat kantor yang bersangkutan. Pada kartu Pos tentulah kita tidak dapat berbicara panjang lebar apalagi yang bersifat rahasia seperti pada surat tertutup. Kartu Pos terdiri dari dua muka :
a. Muka pertama tempat alamat pengirim sebelah kiri dan alamat yang dikirim sebelah kanan.
b. Muka lain (di baliknya) adalah tempat berita atau isi surat.
Kartu Pos dapat digunakan untuk keperluan niaga di samping keperluan pribadi. Untuk keperluan surat niaga umumnya orang menggunakan Kartu Pos sebagai surat pesanan/penawaran yang singkat.
2. Warkat Pos
Warkat Pos juga dijual di kantor Pos dan dikeluarkan oleh PN Postel; terdiri dari dua muka, seperti amplop yaitu tempat menulis alamat sipengirim dan yang dikirim. Warkat Pos ini berwujud selembar kertas dengan lidah-lidah untuk menempelkan lem. Ukuran setelah dilipat atau setelah ditutup adalah 8x12 cm. Setelah dilipat terlihat seperti amplop. Ada dua macam Warkat Pos, yaitu Warkat Pos biasa dan Warkat Pos kilat.
Surat Bersampul
Yang dimaksud surat bersampul adalah surat yang memakai amplop, tertutup tempat menulis surafnya dan dapat memuat berita yang cu-kup panjang. Di samping kelihatan lebih sopan, dengan surat bersampul tersebut berita di dalamnya lebih terjamin kerahasiaannya (tidak mudah diketahui orang).
Memorandum dan Nota
Memorandum dan nota digunakan untuk surat menyurat interen kantor yang biasanya digunakan untuk meminta atau memberikan informasi (nota) yang sifatnya mengingatkan.
Telegram
Telegram adalah surat atau berita yang pengirimannya disalurkan melalui pesawat morse, teleks atau teleprinter.
Surat Kawat
Surat Kawat adalah surat yang ditulis dengan gayabahasa telegram dan umumnya dipergunakan untuk Ucapan Selamat dan sejenisnya.
Surat Pengantar
Surat pengantar (letter of transmittal) biasanya mempunyai bentuk serta susunan yang telah dicetak dan umumnya berupa formulir isian. Di sini telah tersedia kolom-kolom yang siap diisi. Selain itu terdapat juga apa yang disebut Surat Keputusan yang biasa disingkat dengan SK (berisi tentang konsideran, disideratum, dan diktum).
Bermacam-macam tujuan orang menulis dan mengirim surat. Ada yang bertujuan untuk niaga atau dagang dan ada pula yang hanya bertujuan untuk menyampaikan berita yang sifatnya pribadi (kekeluargaan dan pernyataan rasa sayang).
Secara ringkas bisa kita sebutkan tujuan surat adalah :
1. Sebagai pemberitahuan.
2. Sebagai surat perintah.
3. Sebagai permohonan/permintaan.
4. Surat susulan.
5. Surat peringatan/teguran.
6. Surat panggilan.
7. Surat pengantar.
8. Surat keputusan
9. Surat perjanjian
10. Surat laporan
11. Surat dagang :
- Surat permin taan penawaran
- Surat penawaran
- Surat pesanan
- Surat tagihan
- Surat klaim, dan lain-lain.
Demikian tadi macam-macam surat atau jenis-jenis surat.
Fungsi Surat
Fungsi surat yang aktif dalam kehidupan masyarakat sehari-hari adalah:
a. Sebagai wakil atau duta dari sipenulis atau sipengirim surat.
Di sini peran surat sebagai pembawa misi dan pesan-pesan yang mewakili sipenulisnya. Dengan demikian surat dapat menghemat pemakaian tenaga manusia, menghemat ongkos atau biaya. Karena sifatnya sebagai duta atau wakil, maka surat harus ditulis dengan teliti, praktis, sistematis dan seobyektif mungkin. Maksud dan tujuan surat tersebut harus jelas, sopan serta menarik. Oleh sebab itu sebaiknya surat dikonsep/ditulis oleh orang yang berpengetahuan luas da-lam bahasa tulis, menguasai permasalahan yang hendak ditulis dan memiliki pengetahuan tentang surat menyurat (korespondensi dan administrasi).
b. Karena surat merupakan alat komunikasi tertulis, ia juga dapat dija dikan sebagai bahan bukti hitam diatas putih yang mempunyai kekuatan hukum seperti: Kuitansi, bukti tanda terima, faktur, surat perjanjian dan lain-lain yang dapat dijadikan bahan bukti sebagaimana yang biasa dilakukan dalam dunia bisnis (perniagaan).
c. Referensi dalam merencanakan atau menindaklanjuti suatu ak-tifitas.
Surat-surat yang diarsipkan merupakan sumber data yang diperlukan dalam perencanaan dan penindaklanjutan suatu aktivitas atau program. Berdasarkan pengalaman-pengalaman masa lalu, sebuah orgamsasi atau badan usaha dapat bertindak lebih lanjut dan tidak kehilangan arah dengan adanya surat-menyurat dan kearsipan serta data-data.
d. Alat pengingat.
Sesuatu yang terlupakan dalam kegiatan masa lalu dapat dilihat dan ditinjau kembali.
e. Alat untuk memperpendek jarak, penghemat tenaga/waktu
Sesuatu yang harus dikunjungi bila tidak begitu penting dapat dihubungi dengan memakai surat saja.
f. Bukti sejarah dan kegiatan suatu organisasi atau badan usaha.
g. Jaminan keamanan,
misalnya surat jalan.
h. Alat promosi pihak pengirim (dalam surat menyurat bisnis) Biasanya promosi ini dilakukan dengan logo/kop surat yang tertera di sampul luar ataupun lembaran isi pada surat yang dikirimkan.
a. Sebagai wakil atau duta dari sipenulis atau sipengirim surat.
Di sini peran surat sebagai pembawa misi dan pesan-pesan yang mewakili sipenulisnya. Dengan demikian surat dapat menghemat pemakaian tenaga manusia, menghemat ongkos atau biaya. Karena sifatnya sebagai duta atau wakil, maka surat harus ditulis dengan teliti, praktis, sistematis dan seobyektif mungkin. Maksud dan tujuan surat tersebut harus jelas, sopan serta menarik. Oleh sebab itu sebaiknya surat dikonsep/ditulis oleh orang yang berpengetahuan luas da-lam bahasa tulis, menguasai permasalahan yang hendak ditulis dan memiliki pengetahuan tentang surat menyurat (korespondensi dan administrasi).
b. Karena surat merupakan alat komunikasi tertulis, ia juga dapat dija dikan sebagai bahan bukti hitam diatas putih yang mempunyai kekuatan hukum seperti: Kuitansi, bukti tanda terima, faktur, surat perjanjian dan lain-lain yang dapat dijadikan bahan bukti sebagaimana yang biasa dilakukan dalam dunia bisnis (perniagaan).
c. Referensi dalam merencanakan atau menindaklanjuti suatu ak-tifitas.
Surat-surat yang diarsipkan merupakan sumber data yang diperlukan dalam perencanaan dan penindaklanjutan suatu aktivitas atau program. Berdasarkan pengalaman-pengalaman masa lalu, sebuah orgamsasi atau badan usaha dapat bertindak lebih lanjut dan tidak kehilangan arah dengan adanya surat-menyurat dan kearsipan serta data-data.
d. Alat pengingat.
Sesuatu yang terlupakan dalam kegiatan masa lalu dapat dilihat dan ditinjau kembali.
e. Alat untuk memperpendek jarak, penghemat tenaga/waktu
Sesuatu yang harus dikunjungi bila tidak begitu penting dapat dihubungi dengan memakai surat saja.
f. Bukti sejarah dan kegiatan suatu organisasi atau badan usaha.
g. Jaminan keamanan,
misalnya surat jalan.
h. Alat promosi pihak pengirim (dalam surat menyurat bisnis) Biasanya promosi ini dilakukan dengan logo/kop surat yang tertera di sampul luar ataupun lembaran isi pada surat yang dikirimkan.
Pengertian Surat
Surat adalah alat komunikasi tertulis, atau sarana
untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari
pihak satu kepada pihak yang lain. Informasi tersebut bisa berupa
pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, laporan, pemikiran,
sanggahan dan lain sebagainya.
Dibandingkan dengan alat komunikasi moderen seperti telepon, telex, telegrap, radio dan televisi, surat tetap mempunyai kelebihan tersendiri, karena surat merupakan sarana yang dapat merekam informasi secara panjang lebar, terperinci namun tetap ekonomis. Kelebihan surat lainnya adalah : surat bersifat praktis karena dapat menyimpan rahasia, efektif karena informasi yang disampaikan itu asli sesuai dengan sumbernya, ekonomis karena biaya pembuatan dan pengirimannya sangat murah.
Dibandingkan dengan alat komunikasi moderen seperti telepon, telex, telegrap, radio dan televisi, surat tetap mempunyai kelebihan tersendiri, karena surat merupakan sarana yang dapat merekam informasi secara panjang lebar, terperinci namun tetap ekonomis. Kelebihan surat lainnya adalah : surat bersifat praktis karena dapat menyimpan rahasia, efektif karena informasi yang disampaikan itu asli sesuai dengan sumbernya, ekonomis karena biaya pembuatan dan pengirimannya sangat murah.
Perbedaan Sparkplug / Busi Asli vs Busi Palsu
Busi Aseli |
Ciri Busi Asli
Busi asli Terbuat dari bahan tembaga yang mampu mengontrol panas, sehingga pada pemakaian dengan intensitas tinggi sekalipun panasnya sparkplug sebagai akibat dari kinerja mesin yang tinggi dapat turun dengan sangat cepat.
Ciri Busi Palsu
Terbuat dari bahan tembaga yang mampu mengontrol panas, sehingga pada pemakaian dengan intensitas tinggi sekalipun panasnya sparkplug sebagai akibat dari kinerja mesin yang tinggi dapat turun dengan sangat cepat.
Perbedaan Saringan Bensin / Fuel Filter Asli vs Fuel Filter Palsu
Fuel Filter Asli |
Ciri Fuel Filter Asli
Terbuat dari kombinasi polyester dan fiberglass, serta dilapisi dengan bahan anti karat pada bagian dalam dan luar, sehingga mampu menyaring partikel kecil dan menahan kotoran tanpa mengganggu aliran bahan bakar.
Ciri Fuel Filter Palsu
Tidak menggunakan bahan standar untuk kertas filter dan tidak dilapisi dengan bahan anti karat, sehingga selain sering tersumbat pada saat bekerja, mesin pun mudah rusak karena karat yang diciptakan oleh kandungan air yang terkandung pada bahan bakar.
Perbedaan Oil Filter Asli vs Oil Filter Palsu
Oil Filter adalah bagian penting dari kendaraan Anda yang harus diganti secara berkala, berfungsi memisahkan kotoran dan unsur-unsur lain dari oli yang masuk ke dalam mesin sehingga mencegah rusaknya mesin kendaraan Anda.
Berhati-hatilah dalam memilih Oil Filter karena antara yang asli dan palsu terlihat hampir sama dari luar. Yang membedakan adalah elemen bagian dalamnya.
Ciri Oil Filter Asli
- Bypass Valve-nya mampu menjaga aliran oli terus-menerus dengan tepat dan hanya terbuka bila saringan buntu.
- Elemen inti terdiri dari 2 lapisan kertas penyaring yang tebal dan tahan lama.
- Check Valve dan Valve Spring-nya bertekanan tinggi sehingga mampu mencegah aliran balik oli.
Ciri Oil Filter Palsu
- By pass Valve-nya mudah terbuka meskipun tekanan oli rendah sehingga oli mudah mengalir ke dalam mesin tanpa tersaring.
- Elemen inti hanya menggunakan lapisan kertas penyaring yang padat sehingga walaupun mampu menyaring debu, namun cepat menimbulkan kemacetan.
- Check Valve dan Valve Spring-nya hanya bertekanan setengah dari yang asli sehingga tidak mampu mencegah aliran balik oli.
Perbedaan Brake Pad / Kampas Rem Asli vs Kampas Rem Palsu
Brake Pad (Kampas Rem) berfungsi pada kendaraan dengan sistem rem cakram (disc brake) yang jika pedal rem ditekan, maka kampas rem akan menekan dan menghentikan piringan.
Ciri-ciri Brake Pad Asli
Permukaan tining-nya dibuat halus dan rata agar daya pengeremannya merata sehingga Anda akan aman dan nyaman dalam berkendara.
Ciri-ciri Brake Pad Palsu
Permukaan lining-nya kasar dan tidak rata, sehingga selain menghasilkan pengereman yang tidak merata juga merusak piringan.
Ciri-ciri Brake Pad Asli
Permukaan tining-nya dibuat halus dan rata agar daya pengeremannya merata sehingga Anda akan aman dan nyaman dalam berkendara.
Ciri-ciri Brake Pad Palsu
Permukaan lining-nya kasar dan tidak rata, sehingga selain menghasilkan pengereman yang tidak merata juga merusak piringan.
Perbedaan Saringan Udara / Air Filter Asli vs Air Filter Palsu
Air Filter (Saringan Udara) Dapat dikatakan sebagai “paru-paru” mesin kendaraan Anda yang berfungsi menyaring dan mencegah debu dari udara yang masuk, serta mengalirkan udara yang bersih ke dalam mesin.
Ciri Air Filter Asli
Bahan penyaringnya terbuat dari lubang-lubang kecil yang mampu menyaring debu sebanyak 30%. Karena terbuat dari 3 lapisan penyaring, maka lapisan pertama dapat menyaring kotoran kasar, kemudian lapisan kedua menyaring kotoran sedang, dan lapisan ketiga mampu menyaring kotoran halus.
Ciri Air Filter Palsu
Lubang-lubang penyaringnya yang ada hampir tidak berfungsi karena terbuat hanya dari 1 lapisan saja, menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan akibat kotoran yang tidak tersaring dengan maksimal.
Ciri Air Filter Asli
Bahan penyaringnya terbuat dari lubang-lubang kecil yang mampu menyaring debu sebanyak 30%. Karena terbuat dari 3 lapisan penyaring, maka lapisan pertama dapat menyaring kotoran kasar, kemudian lapisan kedua menyaring kotoran sedang, dan lapisan ketiga mampu menyaring kotoran halus.
Ciri Air Filter Palsu
Lubang-lubang penyaringnya yang ada hampir tidak berfungsi karena terbuat hanya dari 1 lapisan saja, menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan akibat kotoran yang tidak tersaring dengan maksimal.
Suku Cadang Asli Toyota vs Palsu
Mengapa toyota anda membutuhkan suku cadang asli? Karena suku cadang yang asli memberikan kualitas dan jaminan terbaik untuk kenyamanan dan keamanan toyota anda, sekaligus keselamatan diri anda. Menggunakan suku cadang asli merupakan bukti sayang terhadap toyota anda sehingga tetap aman dan nyaman dikendarai, tahan lama dan menjadi investasi menguntungkan di kemudian hari. Bukankah untuk yang anda sayangi anda tak tega memberikan yang palsu?
Agar anda bertambah yakin, kenali perbedaan suku cadang asli toyota dengan yang palsu. Yang asli kualitasnya no 1 sehingga bebas resiko kerusakan fatal kendaraan dan terancamnya keselamatan anda akibat memakai suku cadang palsu.