Arti Sejarah


Arti sejarah menurut kamus besar bahasa indonesia adalah sebagai berikut; 1. asal usul, keturunan, silsilah; 2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo 3. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah.
Barangkali untuk lebih memperjelas pemahaman kita, di dalam KBBI juga disebutkan semacam definisi sejarah jika dikatikan dengan bidang ilmu tertentu misalnya; sejarah musik: pengetahuan yang mencakupi uraian deskriptif tetang fungsi musik dalam masyaraka, riwayat seniam, riwayat pendidikan musik, sejarah notasi, kritik, perbandingan gaya dan perkembangan musik. Juga disebutkan arti sejarah lainnya misalnya sejarah umum yang diartikan sebagai serajrah tetang kejadian di dunia.
Jika digunakan dalam sebuah kalimat, tentu kata sejarah mengalami berbagai perubahan karena adanya imbuhan. Entah itu awalan maupun akhiran. Misalnya kata bersejarah memiliki definisi sebagai mengandung serajah, menyejarah artinya menjadikan rekaman dalam sejarah, menyejarahkan artinya menceritakan sejarah atau meriwayatkan, dan kesejarahan artinya hal atau yang berhubungan dengan sejarah.
Sedangkan orang yang merupakan ahli sejarah disebut sebagai sejarawan. Demikian beberapa ulasan singkat mengenai arti sejarah dan arti kata-kata yang berhubungan dengan sejarah, semoga berguna bagi anda.