Arti Artikel

Istilah artikel mungkin sudah biasa kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Namun mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya sebenarnya apa sih arti artikel. Agar tidak keliru, kita harus mencari rujukan yang ‘reliable’ alias handal untuk mencari arti artikel ini. Salah satu rujukan yang paling cocok untuk mencari arti artikel ini adalah kamus besar bahasa Indonesia.
Di dalam KBBI (singkatan dari Kamus besar bahasa Indonesia) disebutkan bahwa arti artikel adalah:
  1. Karya tulis lengkap, misal laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dsb;
  2. Huk bagian undang-undang atau peraturan yang berupa ketentuan; pasal
  3. Ling unsur yang dipakai untuk membatasi atau meodifiksi nomina, missal the dalam bahasa Inggris.
Demikian arti artikel menurut KBBI. Dari ketiga arti artikel yang disebutkan diatas, barangkali arti artikel yang paling luas pengertiannya adalah arti artikel yang pertama. Bukan berarti arti artikel yang kedua dan ketiga tidak cocok, hanya saja arti artikel yang kedua dan ketiga tersebut terbatas pengertiannya pada lingkup (Huk) hukum dan (Ling) linguistik.
Dan untuk lebih lengkapnya, saya akan menambahkan arti artikel dari tinjauan kamus Oxford. Kamus oxford adalah salah satu kamus yang menjadi rujukan dalam mencari arti artikel ini. Dan karena kamus ini menggunakan bahasa inggris, jadi terlebih dahulu kata artikel akan kita terjemahkan dulu ke dalam bahasa inggris menjadi article.
Seperti di dalam kamus besar bahasa Indonesia, di kamus oxford ini terdapat setidaknya 4 definisi untuk menjelaskan arti artikel ini. namun untuk menyingkat pembahasan kita kali ini, saya akan ambil arti artikel yang menurut saya paling relevan, yakni;
a piece of writing, usually dealing with a particular issue or topic, in a newspaper, magazine, etc.
Bagi anda yang malas menterjemahkan arti artikel dalam bahasa Inggris diatas, berikut ini hasil terjemahan dari arti artikel diatas menurut google translate:
sepotong tulisan, biasanya berurusan dengan masalah atau topik tertentu, dalam sebuah majalah, koran, dll
Dari sini kita bisa menemukan persamaan arti artikel menurut kedua kamus besar tersebut diatas. Sehingga kita bisa menyimpulkan secara umum bahwa arti artikel adalah sebuah karya tulis tentang hal atau topik tertentu.